Thursday, 9 May 2024
HomeBerita5 Tips Duduk yang Benar, Yuk Simak!

5 Tips Duduk yang Benar, Yuk Simak!

Bogordaily.net yang benar merupakan salah satu cara agar tidak bungkuk saat melakukan pekerjaan. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu harus mengetahui beberapa tips mencegah tubuh menjadi bungkuk saat bekerja di depan laptop.

Apalagi dalam situasi WFH saat ini, memang sebagian besar orang memilih menghabiskan waktunya di rumah.

Bahkan, setiap orang tidak ingin produktivitasnya menjadi berkurang karena menurun. Sebetulnya, tips agar tubuh tidak bungkuk bisa memperhatikan postur tubuh dengan sebaik mungkin.

Postur tubuh yang baik dapat melatih kemampuan berjalan, duduk, dan berbaring, sehingga mengurangi ketegangan pada ligamen.

Berikut ini sudah ada beberapa tips agar tubuh tidak bungkuk saat melakukan aktivitas:

1. Gunakan Kursi yang Tepat

Tips pertama yang bisa kamu lakukan agar tepat, dengan menyesuaikan tinggi kursi. Bagi kamu yang ingin mengoperasikan keyboard, bisa dengan menggunakan pergelangan tangan sejajar pada lantai.

Namun, sebaiknya kamu memilih kursi yang mudah digunakan mulai dari posisi belakang, kemiringan, dan ketinggian. Hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya resiko sakit punggung.

2. Perhatikan Posisi Kaki saat Duduk

Postur tubuh yang baik dengan meletakkan kaki secara rata pada lantai. Hindari untuk menyilangkan kaki, karena bisa membuat lebih mudah pegal saat bekerja.

Kamu bisa menggunakan sandaran, untuk mengistirahatkan kaki lebih nyaman. Sebaiknya, posisi lutut lebih rendah dari pinggul.

3. Perhatikan Layar Komputer

Memperhatikan layar komputer saat bekerja, sebaiknya harus sejajar dengan matamu. Bagian ini harus langsung berada didepan dengan menempatkan monitor sekitar satu lengan.

Sementara itu, kamu membutuhkan dudukan monitor, untuk mencapai posisi tersebut. Apabila layar tinggi pasti harus menekuk leher, hal ini bisa membuatmu tidak nyaman.

Tempatkan keyboard di bagian depan meja, dengan tujuan untuk mengistirahatkan pergelangan tangan saat mengetik. Sebaiknya, kamu membiarkan lengan dalam bentuk siku dan L pada sisi tubuh.

Tips lainnya, coba gunakan sandaran tangan guna menjaga pergelangan tangan terlihat sejajar pada tombol. Selain posisi layar monitor, kamu harus memperhatikan mouse yang digunakan.

Posisikan mouse dekat dengan tubuh, jangan terlalu jauh. Beri mouse alas agar menjaga pergelangan tangan tetap lurus dan menghindari tekukan.

4. Olahraga Teratur untuk Perbaiki Postur Tubuh

Tips berikutnya, agar tubuh tidak bungkuk dengan rajin berolahraga untuk memperbaiki postur tubuh. Melakukan latihan yang rutin dapat menjaga postur tubuh menjadi lebih baik.

Mulai dari latihan yang memperkuat otot punggung dan perut, sehingga terhubung pada tulang panggul dan belakang. Beberapa olahraga yang bisa menjadi pilihan kamu, seperti pilates, yoga, latihan ketahanan otot inti (core workout).

5. Perhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur juga berperan penting, untuk membuat tubuh agar tidak bungkuk. Cobalah untuk tidur dalam posisi yang benar, agar dapat mempertahankan lekukan pada punggung.

Di antaranya, tubuh telentang dengan bantal di bawah punggung bawah atau dibawah lutut sedikit ditekuk. Hindarilah posisi tidur miring dengan lutut ditarik pada dada.

Selain itu, kamu harus menghindari posisi tidur tengkurap, karena bisa membuat punggung dan leher menjadi tidak nyaman.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here