Saturday, 27 April 2024
HomeKuliner8 Aneka Olahan Telur di Penjuru Dunia, Ada yang Kaya Telur Ceplok

8 Aneka Olahan Telur di Penjuru Dunia, Ada yang Kaya Telur Ceplok

Bogordaily.net  merupakan bahan dasar yang mudah untuk diolah beragam jenis makanan. bisa dibuat matang, setengah matang, digoreng, atau direbus. Berikut, dari berbagai penjuru dunia.

Bisa diolah menjadi berbagai makanan yang enak dan mantap. Tapi, kadang kita terjebak dengan yang itu-itu saja. Seperti mata sapi dan dadar. Padahal, banyak banget variasi yang bisa kita lakukan pada telur.

Berikut telur dari berbagai penjuru dunia dikutip dari berbagai sumber:

1. Scotch egg – Inggris

Scocth egg merupakan telur dari Britania Raya. Ciri khas telur ini direbus setengah matang, lalu dibalut dengan daging, digoreng dengan tepung roti.

Lelehan kuning telur di dalamnya menjadi khas saat dibelah dua.

Di negara asalnya, “telur tersembunyi” ini bisa mudah ditemukan di supermarket. Dilansir dari Britannica, Scoth egg ditemukan pada 1738 oleh salah satu department store di London. Makanan ini disajikan untuk wisatawan kaya yang naik kereta kuda.

2. Tamagoyaki – Jepang


telur dari Jepang ini berisikan sayur-sayuran seperti, wortel, tomat, dan daun bawang, Pasa dasarnya tamagoyaki adalah telur dadar gulung.

Tamagoyaki biasa disajikan untuk sarapan atau lauk dalam bento. Telur gulung ini juga biasa ditemukan dalam menu sushi.

Uniknya pada awal tamagoyaki ditemukan, hanya orang kaya yang bisa memakannya.

3. Lebanese Style Egg – Dubai


Dubai juga mengolah telur sebagai masakan khas. Mungkin bagi sebagian orang, makan telur dengan yoghurt adalah hal aneh, tapi tidak bagi Dubai.

Lebanese Style Egg berupa telur goreng “ceplok”, kuning telur diusahakan tidak pecah. Lalu setelah matang disajikan dengan yoghurt kira-kira dua sendok makan.

4. Huevos rancheros – Meksiko


Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, huevos rancheros artinya pertenakan telur. Artinya, hidangan satu ini berasal dari peternakan di pedesaan Meksiko.

Hidangan ini disajikan dengan toping tortila jagung, telur goreng, saus salsa, kacang, dan alpukat. Masyarakat Meksiko biasa menikmati hidangan ini saat sarapan.

5. Menemen – Turki

Berasal dari Turki, makanan berbahan dasar telur satu ini bisa disajikan dengan telur yang digoreng setengah matang atau dibuat orak-arik. Telur dicampur dengan cabe merah, tomat, dan saus khas Turki.

Masyarakat Turki biasa menjadikan menemen sebagai sarapan mereka.

6. Scrambled egg – Amerika


Menu sarapan khas orang Amerika ini banyak disukai. Telur dikocok telebih dahulu hingga putih dan kuning telur menyatu, lalu digoreng secara orak-arik.

Bumbu yang digunakan hanya garam dan lada, namun agar gurih sejumlah resep menggunakan tambahan krim atau susu. Kamu bisa menemukan makanan ini di salah satu restoran cepat saji Amerika Serikat.

7. Deviled eggs – Italia

Penampakannya seperti telur rebus biasa bukan? Tetapi, ini bukan telur yang direbus biasa.

Makanan ringan khas Italia ini terbuat dari telur rebus yang kuningnya sudah dipisahkan, diisi dengan pasta dari kuning telur, dan bahan tambahan lainnya seperti mustard dan mayones. Enak banget deh!

8. Kwek-kwek – Filipina

Dari namanya saja sudah lucu, tetapi ini bukan suara bebek ya. Kwek-kwek atau dikenal dengan nama tokneneng, merupakan makanan ringan terkenal di Filipina yang banyak dijual di pinggir jalan.

Tokneneng atau kwek-kwek, terbuat dari telur rebus yang dibalut dengan adonan berwarna oranye, kemudian digoreng.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here