Friday, 29 March 2024
HomeBeritaDiserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur

Diserang Kelompok ADF, 800 Napi Penjara di Kongo Timur Kabur

Bogordaily.net –  Terjadinya pembobolan penjara di Timur oleh sekelompok orang bersenjata pada Selasa malam 9 Agustus 2022 waktu setempat, mengakibatkan lebih dari 800 melarikan diri.

Juru Bicara Militer di Beni Kapten Antony Mualushayi, dalam keterangannya pada Rabu, 10 Agustus 2022 juga menyebutkan ada dua polisi tewas dalam peristiwa itu.

“Sekelompok Mayi-Mayi – segala jenis kelompok milisi berbasis masyarakat yang aktif di Republik Demokratik – tak dikenal menyerang penjara pusat Kakwangura di kota Butembo. Korban pertama, masih sementara, adalah dua polisi yang sedang berjaga tewas,” kata Mualushayi, seperti dikutip dari RMOL, Jumat 12 Agustus 2022.

“Seorang penyerang juga tewas dan amunisi ditemukan,” tambahnya.

Menurut sumber penjara yang meminta anonimitas, dari 872 orang yang ditahan di penjara, kini hanya 49 yang tersisa.

“Para penyerang datang pada pukul dua, mereka adalah (Allied Democratic Forces). Peluru dibunyikan ketika kami sedang tertidur lelap. Tiba-tiba kami terbangun, para penyerang memiliki gergaji mesin yang dengannya mereka merobek gembok”, kata Gilbert, seorang tahanan militer di penjara.

“Serangan ini menyebabkan kematian setidaknya dua polisi dan pelarian semua tahanan”, tulis Kivu Security Barometer (KST) di Twitter, sebuah organisasi yang memiliki pengamat di daerah tersebut.

“Musuh telah menyusup, menyelinap ke lingkungan kita, ke lingkungan tempat kita tinggal. Kita harus berusaha menemukan mereka di mana pun mereka bersembunyi,” seru walikota polisi Butembo, Mowa Baeki Telly Roger.

Kelompok merupakan bagian dari organisasi (EI) cabang Afrika Tengah. Kelompok militan ini dituduh bertanggung jawab atas pembantaian ribuan warga sipil di timur dan melakukan serangan di Uganda.

dikatakan sebagai salah satu kelompok paling mematikan di wilayah timur DRC, yang telah dihancurkan oleh kekerasan selama hampir 30 tahun.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here