Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaAlirah Darah di Kaki Tak Lancar? Waspada Ini Dampaknya

Alirah Darah di Kaki Tak Lancar? Waspada Ini Dampaknya

Bogordaily.net–  Sirkulasi darah berperan penting dalam mengalirkan darah, nutrisi, dan oksigen ke seluruh tubuh. Jika aliran darah tidak lancar, yang terjadi di antaranya zat-zat ini tidak tersalurkan dengan baik sehingga tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya. Bagian tubuh yang sering mengalami aliran darah tidak lancar adalah dan tangan.  Dilansir Aladokter.com, berikut aliran darah di jika tidak lancar:

Penyumbatan pembuluh darah

Penyumbatan pembuluh darah merupakan salah satu aliran darah di tidak lancar. Sumbatan di pembuluh darah ini bisa berupa trombus atau emboli. Trombus merupakan gumpalan darah yang terbentuk dan terletak di pembuluh darah. Sementara emboli adalah gumpalan darah, benda asing, atau zat tubuh lainnya yang tersangkut di pembuluh darah. Jika gumpalan darah di ini pecah, kondisi tersebut dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya, seperti jantung dan paru-paru, dan bahkan bisa menyebabkan stroke.

Kerusakan saraf

Kerusakan saraf akibat aliran darah di tidak lancar sering menyebabkan mati rasa, kesemutan, dan lemah, serta muncul rasa sakit seperti tertusuk atau terbakar. Salah satu penyakit penyebab sirkulasi darah tidak lancar yang dapat memicu kerusakan saraf adalah diabetes.

Pembengkakan kaki

Penggumpalan darah merupakan salah satu penyebab aliran darah di kaki tidak lancar. Darah yang menggumpal ini nantinya akan menyumbat pembuluh darah, sehingga menyebabkan kaki bengkak. Jika sampai menimbulkan kerusakaan pembuluh darah, kaki bengkak ini bisa disertai dengan rasa nyeri. Selain penggumpalan darah, kaki bengkak akibat aliran darah tidak lancar juga bisa disebabkan oleh penumpukan cairan. Kondisi ini membuat kaki menjadi bengkak, terasa kencang, dan sulit untuk digerakkan.

Infeksi

Infeksi juga bisa menjadi salah satu aliran darah di kaki tidak lancar. Tidak lancarnya aliran darah dapat menyebabkan luka pada kaki yang biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Gangren

Gangren terjadi jika aliran darah di kaki yang tidak lancar tidak segera ditangani. Ini merupakan kondisi serius yang bisa menyebabkan kematian jaringan di kaki. Beberapa gejala gangrene adalah kaki bengkak dan merah, nyeri hebat atau mati rasa, serta luka atau lecet. Penderita diabetes, aterosklerosis, penyakit arteri perifer, dan sindrom Raynaud berisiko tinggi mengalami gangren akibat suplai darah menuju kaki tidak lancar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here