Monday, 6 May 2024
HomeNasionalArti dan Makna Logo dan Lambang Paskibraka?

Arti dan Makna Logo dan Lambang Paskibraka?

Bogordaily.net – Arti dan Makna logo dan lambang itu apa ya? atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau merupakan salah satu bagian paling penting dalam rangkaian upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Namun tak banyak orang yang mengetahui tentang arti logo dan lambang .

Para anggota pengibar bendera ini dari pemuda pemudi tingkat SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian untuk menjadi anggota tersebut biasanya dilakukan disekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada tanggal 17 Agustus.

Selama waktu seleksi sampai dengan tanggal 16 Agustus, seorang anggota calon akan dinamakan “CAPASKA” atau Calon . Sementara saat waktu penugasan pada 17 Agustus, anggota resmi dinamakan “”, dan setelah 17 Agustus, dinamakan “PURNA ”.

Arti Lambang

Dilansir sman12mrg.sch.id, Dalam organisasi , terdapat dua lambang, yaitu lambang Paskibraka atau Paskibra yang menggambarkan dua pemuda atau pemudi paskibraka menengok arah kanan dengan seragam PDU.

Simbol itulah yang menjadi lambang aktif anggota paskibra atau paskibraka yang sedang bertugas. Juga ada lambang kedua yaitu lambang Purna Paskibraka Indonesia yang dilambangkan dengan daun dan bunga teratai.

Penjelasan mengenai lambangnya:

Tiga helai daun teratai yang tumbuh ke atas: artinya seorang paskibraka harus belajar, bekerja, dan berbakti.
Tiga helai daun teratai yang tumbuh mendatar atau samping: artinya seorang pakibra harus aktif, disiplin, dan bergembira.

Secara lebih rinci, arti dari lambang tersebut yaitu setiap anggota paskibraka pasti memiliki jiwa yang sangat mulia.

Sementara, paskibraka dilambangkan dengan bunga teratai karena memiliki makna tersendiri. Bunga Teratai merupakan tumbuhan yang tumbuh di lumpur dan berkembang diatas air.

Hal ini memiliki makna bahwa setiap anggota Paskibraka adalah pemuda dan pemudi yang tumbuh atau berasal dari orang biasa. Kemudian ia sedang bermekar atau berkembang dan membangun.

Kemudian, mata rantai melambangkan persaudaraan yang akrab antara sesama generasi muda atau penerus bangsa Indonesia yang ada di berbagai wilayah (16 penjuru arah mata angin) tanah air. Rantai persaudaraan ini bermakna sesama anggota harus tetap bersaudara tanpa harus memandang asal suku, agama, status sosial, dan juga golongan.

Anggota paskibraka akan terus membentuk jalinan mata rantai persaudaraan yang kokoh dan juga kuat. Sehingga dengan begitu bangsa Indonesia akan mampu menangkal bentuk pengaruh dari luar serta memperkuat ketahanan nasional, melalui jiwa dan semangat persatuan kesatuan yang telah tertanam dalam diri setiap anggota Paskibraka.

Logo Paskibraka

Makna dari logo Paskibraka:

Bentuk perisai bermakna “Siap bela negara” yang termasuk siap membela bangsa dan tanah air Indonesia, warna hitam memiliki makna teguh dan percaya diri.

Sepasang anggota Paskibraka menandakan jika Paskibraka terdiri dari anggota putra dan juga anggota putri yang dengan keteguhan hati bertekad untuk terus mengabdi dan berkarya bagi pembangunan Indonesia.

Bendera Merah Putih yang sedang berkibar mengartikan jika bendera kebangsaan Indonesia harus dijunjung tinggi oleh seluruh bangsa Indonesia termasuk generasi mudanya, termasuk Paskibraka sendiri.

Garis Horizon atau tiga garis menunjukan terdapat Paskibraka di tiga tingkat, yaitu Nasional, provinsi, dan juga Kabupaten / Kotamadya.

Warna kuning memiliki arti kebanggaan, keteladanan dalam hal perilaku dan juga sikap setiap anggota Paskibraka.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here