Friday, 26 April 2024
HomeBeritaBahaya Lakukan Operasi Implan Payudara, Bisa Timbulkan Kakner

Bahaya Lakukan Operasi Implan Payudara, Bisa Timbulkan Kakner

Bogordaily.net – Tidak sedikit wanita yang berusaha memperbesar mereka dengan melakukan operasi.Namun, dibalik itu ada bahaya jika anda melakukan operasi implan .

Sebelum melakukan prosedur ini, cari tahu dulu informasi seputar implan , terutama bahayanya.

Operasi plastik implan sebenarnya tidak hanya dilakukan untuk alasan kosmetik semata. Prosedur ini juga dapat dilakukan untuk para w CTanita yang telah melakukan operasi mastektomi (pengangkatan ) karena kanker .

Bahaya melakukan operasi implan dapat meningkatkan risiko kanker . Pasien dengan implan juga akan sulit untuk melakukan pemeriksaan kanker lewat mamogram. Meski demikian, dapat dilakukan pemeriksaan lain yaitu X-ray khusus.

Prosedur implan payudara juga memiliki risiko terjadinya beberapa komplikasi sebagai berikut:

– Nyeri payudara

– Perubahan sensasi pada puting dan payudara

– Kesulitan menyusui

– Payudara kendor atau ptosis

– Terbentuknya jaringan parut (scar) di sekitar implan payudara dan pada luka operasi

– Jaringan di sekitar implan payudara mengeras

– Perdarahan

– Infeksi

– Masalah dengan hasil operasi, yaitu ukuran dan bentuk implan seperti tidak simetris

– Implan yang pecah dan bocor

Ketika gel salin pecah dan bocor, tubuh akan menyerap cairan garam tersebut. Payudara pun juga akan mengecil. Namun, ketika gel silikon pecah atau bocor, biasanya tidak akan menyebabkan gejala yang nyata atau disebut silent rupture.

Kondisi ini lebih berbahaya dibandingkan dengan cairan salin. Silikon yang keluar dapat menyebabkan benjolan di sekitar payudara, dinding dada, ketiak, tangan, bahkan perut.

Ketika komplikasi terjadi, implan payudara harus dikeluarkan atau diganti dengan yang baru. Pasien dengan implan gel silikon harus melakukan pemeriksaan MRI selama 3 tahun setelah prosedur, dan setiap 2 tahun setelahnya untuk memeriksa adanya silent rupture.

Implan payudara bukanlah satu kali operasi dalam seumur hidup. Semakin lama implan ada di dalam payudara Anda, semakin tinggi kemungkinan adanya operasi ulang, dan semakin besar pula risiko komplikasinya.

Karena dampaknya bagi kesehatan tidak main-main, Anda diharuskan untuk berkonsultasi ke dokter ahli sebelum melakukan prosedur ini.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here