Sunday, 5 May 2024
HomeNasionalBahaya Menggunakan Ponsel saat Sedang Diisi Daya, yang Terjadi Pada Bocah di...

Bahaya Menggunakan Ponsel saat Sedang Diisi Daya, yang Terjadi Pada Bocah di Ciamis

Bogordaily.net – Baru-baru ini seorang bocah tewas karena bermain ponsel ketika sedang atau dicas. Berikut yang bisa terjadi ketika menggunakan ponsel saat sedang .

Penggunaan ponsel memang sudah seperti hal wajib untuk dilakukan di zaman sekarang ini. Berbagai pekerjaan yang dilakukan hanya melalui ponsel biasa membuat orang sulit untuk terlepas dari benda yang satu ini.

Ditenagai dengan baterai isi ulang, ponsel pastilah membutuhkan waktu untuk mengisi ulang daya dalam baterainya. Namun karena terlalu asik atau banyak pekerjaan, bahkan tidak sedikit orang yang tidak sabar untuk menunggu daya baterai ponselnya penuh saat di cas. Padahal hal ini sangatlah beresiko baik pada ketahanan ponsel maupun dampak lain bagi penggunanya.

Berikut adalah lima menggunakan ponsel saat dicas atau :

1. Kebakaran

Meskipun telah banyak ponsel yang memiliki keamanan yang tinggi, namun terjadinya kebakaran ponsel bukanlah sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Kemungkinan terjadinya aliran listrik salah atau arus listrik pendek akibat menggunakan ponsel saat dapat membuat ponsel terbakar. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan masalah-masalah lain di sekitar.

2. Kesetrum

Kesetrum adalah kemungkinan terbesar yang dapat terjadi pada orang yang sedang memainkan ponselnya saat ponsel dalam keadaan sedang . Hal ini dapat terjadi karna aliran listrik yang mengalir pada charger dapat mengalami ketidakstabilan arus dan membuat orang yang sedang menggunakannya tersetrum.

3. Merusak ponsel

Yap, yang paling banyak terjadi jika terbiasa memainkan ponsel saat adalah kerusakan pada ponsel itu sendiri. Pemakaian ponsel saat akan membuat suhu ponsel menjadi panas dan kebanyakan baterai ponsel akan berumur pendek jika terus menerus digunakan saat diisi daya.

4. Mengganggu jaringan otak dan telinga

Memainkan ponsel yang sedang dicas bisa membuat signal menjadi tidak stabil karena daya sambungan ponsel ke listrik. Apalagi jika sambil digunakan untuk menelpon atau mendengarkan musik. Hal ini bisa saja menyebabkan kerusakan pada otak, dikarenakan saat menelpon ponsel yang diletakan ditelinga itu sangat dekat dengan otak.

5. Ponsel meledak

Yang paling parah dari kebiasaan memainkan ponsel saat diisi daya adalah terjadinya ledakan. Ponsel yang terus dimainkan saat diisi daya akan membuat suhu ponsel menjadi lebih cepat panas dari keadaan biasanya. Hal ini akan sangat berbahaya karena dapat membuat ponsel lebih cepat rusak bahkan meledak karena tidak mampu lagi menahan suhu yang terlalu tinggi.

Itulah lima yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan memainkan ponsel saat sedang diisi daya. Karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, sebaiknya untuk jangan dilakukan apalagi sampai menjadi kebiasaan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here