Begini Suasana Kirab Bendera Merah Putih sepanjang 1.700 Meter

Menu

Mode Gelap
Piala Dunia 2022: Link Live Streaming Polandia vs Argentina Piala Dunia 2022: Ghana Sikut Korea Selatan 3-2 Merosot, Ini Harga Emas per Gram Hari Ini Lagi, Gempa Susulan Guncang Cianjur 21 Kali dalam Semalam Lokasi, Harga dan Syarat Perpanjang SIM di Kabupaten Bogor

Nasional · 28 Agu 2022 10:25 WIB

Dari Istana ke Bundaran HI, Begini Suasana Kirab Bendera Merah Putih sepanjang 1.700 Meter


 Kirab bendera Merah Putih dari Istana Merdeka hingga Bundaran HI, Minggu 28 Agustus 2022. (Rakha/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Kirab bendera Merah Putih dari Istana Merdeka hingga Bundaran HI, Minggu 28 Agustus 2022. (Rakha/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net–  Acara kirab bendera merah putih yang dimulai dari Istana Merdeka hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat resmi dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu, 28 Agustus 2022 pagi.

Dilansir Suara.com, pukul 07.00 WIB, Presiden Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit membuka acara tersebut di depan Istana Merdeka. Tampak ulama Habib Luthfi bin Ali bin Yahya ikut serta dalam acara pembukaan kirab bendera tersebut.

Di hadapan warga yang sudah tiba di depan Istana Merdeka, secara singkat Jokowi membuka acara tersebut.

“Saya bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan Habib Luthfi dengan membaca Bismillahirrahmanirrahim, kegiatan hari ini saya nyatakan kirab merah putih diberangkatkan,” kata Jokowi di Istana Merdeka.

Jokowi terlihat mengibarkan bendera kecil yang dipegangnya sebagai simbol acara resmi digelar.

Usai dibuka, massa bergerak dari arah Istana ke dalam Monumen Nasional (Monas), diikuti oleh sejumlah warga yang membawa bendera sepanjang 1.700 meter. Para warga yang ikut acara kirab bendera menggunakan kaos berwarna putih bertuliskan ‘kirab bendera merah putih’.

Terdengar iring-iringan marching band ikut memeriahkan acara tersebut. Massa secara kompak menyanyikan lagu Indonesia Raya sambil membentangkan bendera merah putih dengan berjalan kaki.

Sementara tu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Habib Lutfi bin Yahya menyambut Kirab Merah Putih dan Pawai Nusantara di Bandaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat.

Rombongan Kirab Merah Putih dan Pawai Nusantara tiba di Bundaran HI sekitar pukul 08.13 WIB.

Selain Listyo dan Habib Lutfi, terlihat beberapa petinggi Polri lainnya seperti Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Dankor Brimob Komjen Pol Anang Revandoko, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Kapolri menyebut acara Kirab Merah Putih dan Pawai Nusantara digelar dalam rangka menjaga semangat persatuan dan kesatuan Indonesia.

“Ini sebenarnya adalah upaya kita semua untuk selalu menjaga semangat persatuan dan kesatuan, sebagai modal dasar dan modal utama kita untuk menghadapi berbagai macam tantangan bangsa,” kata Listyo, Minggu, 28 Agustus 2022.

Dalam pelaksanaannya, kata Listyo, acara tersebut melibatkan 50 ribu peserta lintas elemen bangsa. Mereka di antaranya perwakilan instansi pemerintah, tokoh agama, Polri, pemuda, mahasiswa hingga pelajar.

“Total hari ini yang ikut bergabung kurang lebih 50 ribu orang. Dimana ini kegiatan kirab merah putih ini masih bagian dari rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun kemerdekaan,” ujarnya.***

 
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Hari Kedua Tengok Korban Gempa Cianjur, KCI Kembali Distribusikan Bantuan

1 Desember 2022 - 21:59 WIB

Korban cianjur

Jadwal Lengkap UTBK SNBT & SNPMB 2023, Cek di Sini!

1 Desember 2022 - 19:53 WIB

Jadwal SNBP 2023 & Penjelasannya! Cek Di Sini!

1 Desember 2022 - 19:32 WIB

Gempa Susulan di Cugenang Sore Ini, Kekuatan Mencapai 2,9 M

1 Desember 2022 - 16:12 WIB

gempa susulan

Angin Puting Beliung Ngamuk di Pati Mengerikan!

1 Desember 2022 - 14:22 WIB

Puting Beliung Ngamuk di Pati

Jadwal Sidang Ferdy Sambo Hari Ini, Cek di Sini!

1 Desember 2022 - 14:01 WIB

Trending di Nasional