Wednesday, 19 June 2024
HomeEkonomiBeli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Belum Berlaku Hari Ini

Beli Pertalite dan Solar Pakai MyPertamina Belum Berlaku Hari Ini

Bogordaily.net Aplikasi yang digunakan untuk membeli Pertalite dan sebelumnya dikabarkan berlaku mulai Agustus 2022. Namun, aturan tersebut belum diterapkan hari ini, Senin, 1 Agustus 2022.

PT (Persero) melalui anak usahanya PT Patra Niaga menegaskan, per hari ini belum diberlakukan pembatasan pembelian Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP), yakni Pertalite dan Jenis BBM Tertentu (JBT) seperti Solar subsidi.

Pemberlakuan pembatasan Pertalite dan Solar subsidi menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Corporate Secretary Patra Niaga Irto Ginting, dikutip Detik.com dari CNBC Indonesia mengatakan, pihaknya masih membuka pendaftaran kendaraan yang boleh membeli Pertalite dan Solar subsidi. Pendaftaran dibuka di website subsiditepat .

“Belum (berlaku), pendaftaran masih terus berjalan,” kata Irto.

Hingga kini, Patra Niaga memberlakukan pendaftaran di 50 kota/kabupaten. Sebanyak 50 kota/kabupaten itu menjadi wilayah prioritas yang wajib melakukan pendaftaran kendaraan untuk membeli Pertalite dan Solar subsidi. Beberapa wilayah Jabodetabek masuk dalam 50 kota/kabupaten tersebut.

Hingga Sabtu 30 Juli 2022 sudah ada 380 ribu lebih kendaraan roda empat yang sudah melaksanakan pendaftaran di website subsiditepat .

Sementara itu kebijakan pembatasan BBM subsidi ini menyasar mobil mewah. Dalam kajian Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas disebutkan mobil berkapasitas di atas 2.000 cc yang sedang dikaji agar tidak lagi bisa konsumsi Pertalite.

Dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, mobil di atas 1.500 cc lah yang nantinya tidak lagi bisa mengkonsumsi Pertalite. Namun keputusan ini belum rampung dan mulai hari ini belum ada mobil yang dilarang membeli Pertalite.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here