Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorBersama KLHK, Shopee Tanam Hutan Indonesia Dukung Kelestarian Alam di Kampung Ciwaluh

Bersama KLHK, Shopee Tanam Hutan Indonesia Dukung Kelestarian Alam di Kampung Ciwaluh

Bogordaily.net – Shopee bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dan Komunitas Lingkungan Sangga Buana melakukan penanaman 1.500 bibit pohon kopi di Kampung Ciwaluh, Kaki Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Bogor, Jawa Barat melalui program Shopee Tanam , Minggu 28 Agustus 2022.

Bibit pohon kopi ini merupakan hasil konversi dari hasil panen virtual permainan populer Shopee Tanam yang berlangsung pada 30 Juli hingga 5 Agustus 2022 lalu, yang merupakan gebrakan baru dalam aktivitas pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan teknologi digital.

Selain mempertimbangkan aspek kelestarian alam, program Shopee Tanam fase kedua ini bertujuan untuk memberikan kontribusi secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat lokal di Kampung Ciwaluh.

Kampung Ciwaluh sendiri merupakan salah satu kampung terdalam yang terletak di kawasan kaki Gunung Gede Pangrango.

Lokasi Kampung Ciwaluh berdampingan dengan aliran hulu Sungai Cisadane yang menjadikannya cocok untuk ditanami banyak komoditas tanaman produktif, salah satunya kopi.

Melalui penanaman 1.500 bibit pohon kopi yang merupakan jenis pohon produktif, diharapkan dapat membantu kesejahteraan warga lokal yang sebagian besar merupakan petani kopi.

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc., menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk mendukung percepatan tata kelola perhutanan sosial yang berbasis ekologi, sosial, dan ekonomi.

“Kami mengapresiasi upaya yang dilakukan Shopee melalui program Shopee Tanam fase kedua ini. Program ini merupakan contoh baik terkait sinergi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat (public-private partnership) untuk mempercepat tata kelola hutan di Indonesia yang dapat memberikan nilai tambah, tidak hanya bagi lingkungan, namun juga kesejahteraan masyarakat. Kami berharap ke depannya dapat bekerja sama dengan lebih baik untuk melestarikan lingkungan, sekaligus memberikan nilai tambah pada perekonomian berbasis lingkungan hidup,” ujarnya.

Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya, menyebutkan bahwa kegiatan Shopee Tanam fase dua ini merupakan wujud komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukIndonesia.

Shopee Tanam fase kedua melibatkan sejumlah mitra pengemudi dan kurir Shopee Xpress.(Istimewa/Bogordaily.net)

“Melalui kegiatan penanaman 1.500 bibit pohon kopi ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kampung Ciwaluh, serta berdampak positif juga bagi daerah yang dilewati aliran Sungai Cisadane. Selain itu, diharapkan warga lokal Kampung Cisadane yang mayoritas bekerja sebagai petani kopi dapat memanfaatkan hasil panen kopi ini kedepannya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” ucap Ade Mulya.

“Program ini sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung program dari pemerintah, khususnya terkait percepatan tata kelola perhutanan yang berbasis ekologi, sosial, dan ekonomi. Kami ucapkan terima kasih kepada pengguna yang telah berpartisipasi dalam permainan Shopee Tanam dan juga kepada atas dukungannya dalam upaya pelestarian lingkungan yang melibatkan teknologi ini,” jelas Ade.

Aktivitas penanaman pohon ini diikuti oleh puluhan peserta, termasuk diantaranya mitra pengemudi dan kurir Shopee Xpress.

“Kami sangat senang melihat antusiasme mitra pengemudi dan kurir yang ikut dalam kegiatan penanaman hari ini. Melalui keterlibatan di Shopee Tanam ini, kami berharap dapat merangkul rekan-rekan mitra kami untuk turut berkontribusi secara positif bagi negeri,” tambah Ade.

Kopi, Ekowisata, dan Kesejahteraan Warga Kampung Ciwaluh

Shopee tanam
Bekerja sama kembali dengan Komunitas Sangga Buana, Shopee ingin mendukung kelestarian alam serta kesejahteraan petani lokal Kampung Ciwaluh melalui penanaman 1.500 bibit pohon kopi.(Istimewa/Bogordaily.net)

Aryo Salaka, pengurus Komunitas Lingkungan Sangga Buana sekaligus pemerhati lingkungan menjabarkan mengenai manfaat pohon kopi sebagai tanaman konservasi yang bernilai ekonomi tinggi.

“Pohon kopi itu layaknya primadona tumbuhan. Sejumlah penelitian mengatakan, tanaman kopi memiliki fungsi konservasi yang hampir sama dengan tanaman hutan, dapat dapat melindungi tanah dan mencegah terjadinya erosi. Tidak hanya itu, pohon kopi termasuk tanaman produktif karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tidak hanya biji kopi sebagai komoditas, daun, batang, hingga akarnya juga bisa memberikan manfaat ekonomi yang tinggi. Program Shopee Tanam menyentuh dua aspek ini dan bisa dijadikan contoh pendekatan yang berkelanjutan dan menciptakan dampak positif yang lebih besar,” ungkap Aryo.

Kampung Ciwaluh, Desa Wates Jaya, terletak di perbatasan antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi yang berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Bogor.

Berlokasi di Kaki Gunung Pangrango, saat ini Kampung Ciwaluh sendiri sedang membangun potensi ekowisatanya.

Sejak tahun 2017, sejumlah pemuda tergerak untuk membangkitkan ekonomi warga, dengan menjadikan Kampung Ciwaluh sebagai tujuan rekreasi yang mengusung konsep ekoagrowisata. Konsep tersebut mengawinkan sektor pertanian dengan sektor wisata yang diharapkan dapat menggerakkan roda perekonomian Kampung Ciwaluh.

Kampung Ciwaluh sangat sangat cocok untuk menjadi tempat healing dari segala kepenatan sehari-hari. Pemandangan ‘hijau' yang indah bernuansa pedesaan disertai udara segar nan asri, menjadi sajian utama kala berkunjung ke Ciwaluh.

Salah satu petani lokal di Kampung Ciwaluh, Sandi mengatakan, kegiatan penanaman pohon kopi yang diinisiasi oleh Shopee menjadi salah satu promosi untuk memperkenalkan ekowisata di Kampung Ciwaluh.

“Kami sangat berterima kasih dengan kegiatan penanaman 1.500 bibit kopi di kampung kami, Kampung Ciwaluh. Bukan hanya turut menjaga kelestarian lingkungan, terutama di wilayah Sungai Cisadane agar tetap asri, pohon kopi yang ditanam ini akan membantu meningkatkan perekonomian warga. Kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk pengenalan Kampung Ciwaluh sebagai tujuan ekowisata baru yang bisa dikunjungi oleh masyarakat yang mau healing di alam,” ungkap Sandi.

Kampanye #ShopeeTanamHutanIndonesia ini merupakan sebuah inovasi baru yang melibatkan teknologi digital berupa game Shopee Tanam untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam aktivitas pelestarian lingkungan.

Benih pohon konservasi yang telah dipilih oleh para pengguna Shopee Tanam di dalam game, dikonversi menjadi bibit pohon kopi untuk ditanam di Kampung Ciwaluh.

Sebelumnya, gerakan #ShopeeTanamHutanIndonesia juga telah sukses diselenggarakan di Hutan Kota Jakarta, pada bulan April lalu dengan penanaman lebih dari 2.000 benih pohon.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here