Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Wisata · 3 Agu 2022 09:23 WIB

Bisa Jadi Referensi Pendakian saat HUT RI, Ini Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia


 Gunung Semeru (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)
Perbesar

Gunung Semeru (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net  Berbagai cara dilakukan untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI. Salah satu yang biasanya dijadikan pilihan sebagai wujud antusiasme menyambut HUT Kemerdekaan RI ini adalah dengan melakukan aktivitas di alam seperti mendaki gunung dan muncak pada peringatan 17 Agustus. Terlebih Indonesia memiliki beberapa gunung tertinggi yang menjadi incaran para pendaki.

Para pendaki biasanya antusias untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung pada momen 17 Agustus tersebut. Dilansir Suara.com berikut gunung tertinggi di Indonesia yang menjadi destinasi pendakian di HUT Kemerdekaan.

Gunung Jaya Wijaya

Gunung Puncak Jaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.888 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Jaya ini terletak di Papua dan menjadi bagian dari pegunungan barisan Sudirman, Gunung Jaya juga dikenal dengan sebutan Jaya Wijaya. Puncak tertinggi di Tanah Air tersebut adalah sebuah gunung karang dengan salju abadi yang luasannya makin menyusut seiring dengan pemanasan global.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci terletak di Pulau Sumatera dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung tersebut terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Gunung Rinjani

Gunung ini berada di gugusan kepulauan Sunda kecil dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung Rinjani juga merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang masih aktif.

Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani berada di bawah naungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sedangkan puncak Gunung Rinjani bernama puncak Anjani.

Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung tersebut terletak di Jawa Timur, diantara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang.

Gunung Semeru dikenal dengan nama Gunung Mahameru dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Karakteristik medan gunung tersebut cukup bervariasi, mulai dari padang savana rumput, hutan cemara, hingga danau di ketinggian.

Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung yang terletak di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang. Gunung ini berada di ketinggian 3.432 mdpl, gunung Slamet menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Gunung Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Puncak tertinggi gunung ini bernama Rante Mario dengan ketinggian 3.430 mdpl. Gunung Latimojong bukan gunung berapi, tetapi jajaran pegunungan dengan beberapa puncak. Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.***

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Asik! Tebet Eco Park Kembali Dibuka untuk Umum Hari Ini

15 Agustus 2022 - 06:33 WIB

Tebet Eco Park

Kaya Akan Destinasi Wisata, Air Terjun Tirta Buana Bali Jadi Buruan Para Turis

13 Agustus 2022 - 09:51 WIB

Air Terjun Tirta Buana Bali

Perosotan Seru di Rainbow Slide Lembang, Ini Harga Tiket Masuk dan Lokasinya

12 Agustus 2022 - 21:37 WIB

Harga Tiket Rainbow Slide Lembang

Ulasan Lengkap, Harga Tiket, Jam dan Fasilitas Taman Fathan Hambalang Bogor

12 Agustus 2022 - 16:49 WIB

Indahnya, Destinasi Wisata Khusus Muslim di Australia, Ada Istana dan Berlimpah Makanan Halal

11 Agustus 2022 - 16:49 WIB

Atlas Beach Fest, Tempat Mewah Menikmati Pantai Indah di Bali

11 Agustus 2022 - 15:01 WIB

Trending di Wisata