Thursday, 28 March 2024
HomeTravellingBisa Jadi Referensi Pendakian saat HUT RI, Ini Deretan Gunung Tertinggi di...

Bisa Jadi Referensi Pendakian saat HUT RI, Ini Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia

Bogordaily.net–  Berbagai cara dilakukan untuk merayakan RI. Salah satu yang biasanya dijadikan pilihan sebagai wujud antusiasme menyambut RI ini adalah dengan melakukan aktivitas di alam seperti mendaki dan muncak pada peringatan 17 Agustus. Terlebih Indonesia memiliki beberapa tertinggi yang menjadi incaran para pendaki.

Para pendaki biasanya antusias untuk mengibarkan bendera merah putih di puncak pada momen 17 Agustus tersebut. Dilansir Suara.com berikut tertinggi di Indonesia yang menjadi destinasi pendakian di .

Jaya Wijaya

Puncak Jaya merupakan tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.888 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Jaya ini terletak di Papua dan menjadi bagian dari pegunungan barisan Sudirman, Gunung Jaya juga dikenal dengan sebutan Jaya Wijaya. Puncak tertinggi di Tanah Air tersebut adalah sebuah gunung karang dengan salju abadi yang luasannya makin menyusut seiring dengan pemanasan global.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci terletak di Pulau Sumatera dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung tersebut terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Gunung Rinjani

Gunung ini berada di gugusan kepulauan Sunda kecil dengan ketinggian 3.726 mdpl. Gunung Rinjani juga merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang masih aktif.

Gunung Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani berada di bawah naungan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sedangkan puncak Gunung Rinjani bernama puncak Anjani.

Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Gunung tersebut terletak di Jawa Timur, diantara wilayah Kabupaten Malang dan Lumajang.

Gunung Semeru dikenal dengan nama Gunung Mahameru dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Karakteristik medan gunung tersebut cukup bervariasi, mulai dari padang savana rumput, hutan cemara, hingga danau di ketinggian.

Gunung Slamet

Gunung Slamet merupakan gunung yang terletak di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang. Gunung ini berada di ketinggian 3.432 mdpl, gunung Slamet menjadi gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

Gunung Latimojong

Gunung Latimojong merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Puncak tertinggi gunung ini bernama Rante Mario dengan ketinggian 3.430 mdpl. Gunung Latimojong bukan gunung berapi, tetapi jajaran pegunungan dengan beberapa puncak. Gunung Latimojong terletak di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here