Buah Apel Bisa Jadi Camilan Sehat untuk Kurangi Resiko Kematian

Menu

Mode Gelap
Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022

Kesehatan · 15 Agu 2022 07:26 WIB

Buah Apel Bisa Jadi Camilan Sehat untuk Kurangi Resiko Kematian


 Apel. (Klik Dokter/Bogordaily.net) Perbesar

Apel. (Klik Dokter/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Dokter sekaligus presenter, Michael Mosley menyebut ada camilan yang bisa menekan kolesterol tinggi hingga tekanan darah tinggi, yakni buah apel.

Makanan kecil ini mampu menjaga kondisi yang berbeda tetap terkendali, sambil mengurangi risiko kematian.

“Ini sore hari dan saya agak lapar. Jadi, saya akan mengambil camilan lezat yang bisa meningkatkan aliran darah, meningkatkan otak, dan memangkas lingkar pinggang saya,” ungkap Mosley seperti dilansir dari laman Express, Senin 15 Agustus 2022.

Mosley mengatakan, makanan kecil ini juga terbukti mengurangi risiko kematian hingga 35 persen.

“Ini bukan makanan super yang eksotis. Faktanya, ini adalah buah apel,” ujarnya.

Apel adalah camilan paling terkenal dalam bidang kesehatan. Apel telah dikenal karena manfaatnya yang kuat selama berabad-abad. Mosley menyebut salah satu alasan buah ini sangat baik karena kulitnya dikemas dengan senyawa yang disebut flavonoid.

“Makan buah apel sehari telah terbukti meningkatkan tekanan darah, membantu orang menurunkan berat badan, dan bahkan dikaitkan dengan umur yang lebih panjang,” tuturnya.

Penuh dengan serat dan vitamin, kulit apel dikemas dengan bagus, salah satunya flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan yang ditemukan di kulit apel dan terbukti memiliki sejumlah manfaat.

“Sebuah percobaan baru-baru ini di Australia Barat menunjukkan bahwa makan apel dengan kulitnya membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung,” jelasnya.

Manfaat apel tidak berakhir di sana, karena buahnya juga terbukti mengurangi kolesterol dan membantu peradangan kronis.

Faktanya, buah ini sangat ampuh sehingga ternyata dapat melawan kanker juga.

Selain serat dan flavonoid, kulit apel kaya akan senyawa yang disebut triterpenoid. Ini memiliki sifat antiinflamasi, bahkan terbukti membantu melawan kanker dalam sel manusia dalam penelitian laboratorium.

Semua sifat ini menjadikan apel sebagai pilihan camilan tepat untuk meningkatkan umur panjang, karena kanker saja merenggut lebih dari 160 ribu nyawa setiap tahun di Inggris.

Untuk masuk ke inti penelitian, Mosley mengundang peneliti di Institute of Nutrition Research di Edith Cowan University di Australia Barat, Catherine Bondonno. Peneliti menemukan, makan satu apel sehari mengurangi risiko kematian hingga 35 persen.

“Kami mengikuti 56 ribu orang selama 23 tahun dan kami melihat bahwa asupan flavonoid 500 miligram dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari semua penyebab kematian kardiovaskular dan kanker,” tukasnya.***

 

(Riyaldi Suhud)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Nyesek Banget! Ini Efek Buruk Diselingkuhi Pasangan bagi Kesehatan

30 September 2022 - 22:09 WIB

Dear Orang Tua, Yuk Lakukan! Ini Manfaat Memeluk Anak bagi Kesehatan

30 September 2022 - 20:44 WIB

Harus Dicoba! 9 Cara Jitu Menghentikan Kebiasaan Merokok

30 September 2022 - 19:49 WIB

menghentikan kebiasaan merokok

Jarang Diketahui, 3 Tumbuhan yang Bisa Redakan Asam Urat

30 September 2022 - 12:11 WIB

redakan asam urat

Kemenkes Minta Masyarakat Batasi Konsumsi Gula Berlebih

29 September 2022 - 22:29 WIB

Konsumsi Gula

Jangan Terlalu Rajin! Ini Dampak Buruk Keseringan Cuci Muka

29 September 2022 - 20:11 WIB

Trending di Kesehatan