Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaBukannya Cantik, 5 Kiat Diet yang Salah ini Bikin Kamu Cepat Tua

Bukannya Cantik, 5 Kiat Diet yang Salah ini Bikin Kamu Cepat Tua

Bogordaily.net – Ada beragam kiat yang bisa dilakukan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan. Namun, perlu kamu pahami, bahwa tidak semua harus kamu ikuti. Sebab, ada beberapa kiat yang salah dan bisa bikin kamu semakin tua.

Lantas, kiat apa saja yang sebenarnya juga bisa membuat tubuh kamu cepat tua? Dihimpun dari situs web Eat This, berikut 5 kiat salah yang bida bikin Anda tambah tua.

1. Menghitung kalori

Menghitung kalori mungkin bermanfaat bagi sebagian orang, tetapi memastikan mengonsumsi makanan yang seimbang lebih penting.

“Salah satu perilaku yang lebih berbahaya yang saya lihat di bidang gizi adalah orang menghitung kalori mereka dengan sebagian besar makanan mereka masih diproses dan berkualitas rendah, tanpa cukup mengkonsumsi asam lemak omega-3, lemak tak jenuh, dan makanan berserat. Makanan mengandung nutrisi yang diperlukan tidak hanya akan memudahkan proses penurunan berat badan tetapi juga mendukung umur panjang,” kata ahli terdaftar Whitney Stuart.

2. Tidak memperhatikan protein

Kalori memang perlu, tapi protein juga tak kalah penting. Jika tidak mendapatkan cukup protein, kemungkinan besar akan gagal bahkan apat mempengaruhi proses penuaan.

“Kesalahan penurunan berat badan yang bikin cepat menua adalah hanya fokus pada menciptakan defisit kalori tanpa memperhatikan komposisi kalori tersebut. Sangat penting untuk mengkonsumsi tingkat protein yang lebih tinggi saat menurunkan berat badan dalam upaya untuk mempertahankan lebih banyak tubuh ramping,” kata Lauren Harris-Pincus, ahli terdaftar, pendiri Nutrition Starring YOU, dan penulis The Everything Easy Pre-Diabetes Cookbook.

“Anda kehilangan lemak dan otot saat berdiet, dan berkurangnya otot akan menurunkan metabolisme dan kekuatan, serta berpotensi menyebabkan pengeroposan tulang,” dia menambahkan.

3. Mengkonsumsi produk pengganti makanan

Pengganti makanan bisa berbahaya, tidak hanya untuk penurunan berat badan yang berkelanjutan tetapi juga untuk kesehatan secara keseluruhan.

“Meskipun produk pengganti makanan seperti shake atau protein bar mungkin berguna untuk makanan rendah kalori atau camilan saat bepergian, banyak dari produk ini yang diproses dan mengandung tambahan gula. Makan makanan olahan secara teratur telah dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, dan terlalu banyak gula juga dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis dan mempercepat proses penuaan dengan membentuk produk akhir glikasi lanjut (AGEs),” kata Sara Chatfield, ahli terdaftar di Health Canal.

4. Memangkas karbohidrat

seperti Atkins dan diet keto membuat seolah-olah karbohidrat adalah musuh. Namun, ini tidak benar.

“Meskipun menghindari tambahan gula dan karbohidrat olahan sangat membantu untuk menurunkan berat badan, mengurangi karbohidrat kompleks seperti buah segar, sayuran bertepung, dan biji-bijian dapat menggagalkan upaya penurunan berat badan dan bahkan dapat berkontribusi pada penuaan dini karena makanan ini adalah sumber serat dan serat yang berharga dan nutrisi penting lainnya. Asupan serat yang tinggi telah dikaitkan dengan rasa kenyang saat makan dan penurunan berat badan yang sukses, dan juga untuk mengurangi tanda penuaan,” kata Chatfield.

5. Diet rendah lemak

Tak harus menghindari lemak untuk menurunkan berat badan. Tubuh juga membutuhkan lemak sehat untuk bertahan hidup.

“Meskipun kalori lemak lebih tinggi (1 gram lemak = 9 kalori) dibandingkan dengan karbohidrat atau protein (1 gram karbohidrat atau protein = 4 kalori), kita memang membutuhkan lemak untuk kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Lemak yang menyehatkan jantung seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun extra virgin, atau salmon memberikan manfaat untuk kesehatan jantung, kesehatan otak, dan juga menambah rasa dan kepuasan makanan,” kata Vandana Sheth, ahli diet. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here