Friday, 3 May 2024
HomeBeritaCabor Renang Kontingen Indonesia Sumbangkan Medali Emas di ASEAN Para Games

Cabor Renang Kontingen Indonesia Sumbangkan Medali Emas di ASEAN Para Games

Bogordaily.net -Kontingen Indonesia kembali menambah perolehan di ajang . Atlet Para Games Indonesia dari cabang akhirnya berhasil torehkan tiga .

Berlomba di Jati Diri Swimming Center, Senin, 1 Agustus 2022, Rino Saputra menjadi penyumbang pertama untuk Indonesia. Turun di nomor Men's 100m Freestyle S9, Rino berhasil menjadi yang tercepat untuk keluar sebagai pemenang.

Sementara perenang asal Vietnam, Ngoc Thiet Nguyen berada di posisi kedua dan mendapatkan medali perak. Sedangkan medali perunggu didapatkan oleh Natwat Ropkob asal Thailand.

Emas pertama tersebut disumbangkan oleh Aris Wibawa yang turun di nomor 100 meter gaya dada SB7. Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Jatidiri, Semarang, Senin, 1 Agustus 2022 itu, Aris sukses membukukan waktu tercepat, yakni 1 menit 34,46 detik, diikuti perenang Kamboja Khouy Koy (1 menit 39,54 detik), dan perenang Vietnam Ho Van Dao (1 menit 47,36 detik).

Atlet kelahiran Jepara, Jawa Tengah, itu mengaku bangga dengan perolehan emas yang sudah menjadi targetnya tersebut.

“Sesuai target sih dan saya senang bisa meraih emas pertama dari cabor para renang, kata Aris, dikutip dari Holopis, Senin, 1 Agustus 2022.

Aris bahkan menilai, persaingan di Asean Para Games Solo 2022 kali ini tidak terlalu ketat. Justru dia merasa banyak mendapatkan lawan baru.

“Kalau persaingan lebih ketat di APG 2017 di Malaysia. Kalau di sini kan saya menghadapi musuh yang baru,” katanya.

Aris yang turun dalam spesialisasi kelasnya tersebut bahkan mengaku masih kurang puas karena targetnya di bawah 1 menit 33 detik.

“Catatan waktunya masih bagus pas di Singapura (APG 2015). Target saya sih di bawah 1 menit 33 detik, tadi kan masih di 1 menit 34 detik,” imbuhnya.

Ia mengatakan persiapan memang sudah dilakukannya sudah cukup lama, termasuk sejak beberapa bulan sebelum Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2021.

Di Peparnas 2021 yang berlangsung di Papua, Aris juga terjun di nomor yang sama, tetapi hanya bisa menyabet medali perunggu.

Kontingan Indonesia memperebutkan 21 pada hari pertama perlombaan cabang olahraga para-renang yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here