Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaMudah, Ini Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok

Mudah, Ini Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok

Bogordaily.net kerap jadi masalah serius. Baik bagi pria maupun wanita. Tapi tak perlu risau cara ampuh atasi ini bisa Anda coba.

Setiap hari, orang kehilangan 100 helai rambutnya dan ini adalah normal. Dengan rambut baru yang terus tumbuh menggantikan yang hilang, tentu saja tidak akan terlihat perbedaannya.

memang jadi momok bagi sebagian orang. Bahkan setelah melakukan banyak perawatan, rambut masih tetap saja rontok hingga menyebabkan kepercayaan diri menurun.

Apabila merasa secara berlebihan, ada sejumlah cara untuk mengatasinya.

Berikut 6 cara mengatasi secara alami melalui asupan dan pola makan seperti dirangkum dari Cleveland Clinic dan Medical News Today:

Konsumsi Protein Tambahan

Kekurangan protein dalam tubuh setiap hari bisa mengganggu pertumbuhan rambut. Hal ini terutama terjadi pada mereka yang vegan atau vegetarian.

Dermatolog Wilma Bergfeld, MD, mengatakan setidaknya seseorang membutuhkan 40-60 gram protein. Sementara menurut Kementerian RI, pria dewasa perlu mengonsumsi 55 gram protein per hari, dan perempuan 45 gram protein setiap hari.

Jumlah itu hanya sekitar dua genggam daging, ikan, tahu, atau kacang-kacangan. Kekurangan protein dapat menyebabkan , kulit kusam, dan berat badan serta masa otot berkurang.

“Tapi Anda bisa minum protein, jadi tidak perlu mengonsumsinya dalam bentuk makanan,” ucap Bergfeld.

Anda dapat memenuhi kebutuhan protein dengan protein tambahan dalam bentuk minuman. Meski demikian, pastikan tubuh juga tidak kelebihan protein.

Minum Vitamin

Masalah kerontokan rambut juga bisa disebabkan kekurangan vitamin dan mineral seperti A, B, C, D, E, zinc, dan zat besi. Jika Anda mempertimbangkan konsumsi vitamin-vitamin tersebut, bicarakan ini pada dokter.

Diet Mediterania

Menjaga pola makan atau diet bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kerontokan rambut secara alami. Diet Mediterania mengajak seseorang untuk mengonsumsi buah, sayur, dan protein.

Dalam sebuah penelitian pada 2014 di Archives of Dermatological Research menemukan keterkaitan antara herbal dan sayuran dalam diet Mediterania dengan penurunan risiko pola kebotakan pada pria.

Hindari Diet Ketat

Diet rendah kalori dapat menghilangkan nutrisi penting dalam tubuh, termasuk yang diperlukan untuk rambut seperti protein, asam lemak, dan zinc.

Diet ketat biasanya juga tidak menghasilkan penurunan berat badan secara permanen.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here