Wednesday, 24 April 2024
HomeKulinerCara Mencegah Kulit Ikan Agar Tidak Lengket saat Dipanggang

Cara Mencegah Kulit Ikan Agar Tidak Lengket saat Dipanggang

Bogordaily.net – Siapa yang bisa menolak kelezatan bakar atau panggang? Untuk mencegah daging lengket saat dipanggang, ada beberapa tips yang bisa kita coba.

Mengolah dengan cara dipanggang bisa jadi salah satu alternatif paling pas untuk mendapatkan hidangan yang bebas bau amis. Cuma kadang ketika membakar atau memanggang , kita sering dibuat kesulitan saat dagingnya menempel di alat pemanggang.

Penasaran bagaimana cara bikin tidak lengket saat dipanggang? Melansir dari Primarasa dan LA Times, berikut selengkapnya!

1. Pemanggang Harus Sudah dalam Keadaan Panas

Alat panggang yang akan digunakan harus dalam keadaan panas. Dengan begini, nanti ketika mulai dipanggang hanya butuh waktu sebentar untuk bisa matang merata.

Kalau dipanggang di atas pemanggang yang belum panas, nantinya akan memakan waktu lebih banyak untuk membuat daging matang. Alat pemanggang yang sudah panas bisa diolesi dengan minyak atau mentega terlebih dahulu agar daging nanti tidak lengket saat diletakkan di atasnya.

2. Olesi dengan Minyak

Untuk jenis ikan yang tebal, seperti ikan tuna kita perlu mengolesi permukaan kulitnya dengan minyak. Atau bila menggunakan bumbu oles, tambahkan minyak pada bumbu tersebut untuk membantu menjaga kelembapan ikan yang dipanggang.

3. Bungkus Ikan dengan Aluminium Foil

Untuk jenis ikan kecil atau yang berdaging sangat lunak, kita bisa membungkusnya dengan aluminium foil terlebih dahulu. Ikan yang sudah dibungkus aluminium foil ini nantinya bisa lebih mudah matang merata dan tidak lengket saat dipanggang.

4. Letakkan Ikan secara Diagonal

Tips ini akan memudahkan kita untuk membalik ikan supaya matangnya merata. Kita bisa meletakkan daging ikan secara diagonal pada pemanggang. Ikan bisa dibalik setiap empat menit atau tergantung pada besar kecilnya ikan.

5. Panggang Sambil Dikipas

Kita bisa pakai kipas manual untuk memanggang ikan. Bisa juga pakai kipas angin untuk membantu menjaga bara tetap menyala saat memanggang ikan.

Sekarang saatnya untuk langsung mencoba tips-tips di atas untuk mendapatkan daging ikan panggang yang lebih sedap. Semoga infonya bermanfaat, ya.

6. Suhu Berpengaruh

Suhu juga nyatanya berpengaruh dalam proses pemanggangan ikan lh, Moms! Ikan tidak boleh terlalu matang atau bahkan kurang matang agar tidak lengket dan rasanya tetap enak.

Untuk ikan yang berdaging putih dan tipis, pangganglah dalam suhu 140° Celcius. Namun apabila daging ikan cukup tebal dan berwarna merah, ada baiknya dipanggang dalam suhu 125° Celcius.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here