Cara Minum Kopi untuk Nikmati Cita Rasa Aslinya

Menu

Mode Gelap
Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Terbaru! Ini Lokasi Perpanjang SIM Kota Bogor, Kamis 29 September 2022 Siap-siap Payung, Kota Bogor Hujan Hari Ini, Kamis 29 September 2022 Harga Emas Pegadaian Turun, Rabu 28 September 2022 Jangan Telat Perpanjang SIM! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Rabu 28 September 2022

Kuliner ยท 11 Agu 2022 22:31 WIB

Cara Minum Kopi untuk Nikmati Cita Rasa Aslinya


 Kopi. (Shutterstock/Bogordaily.net) Perbesar

Kopi. (Shutterstock/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Cara minum kopi untuk nikmati cita rasa aslinya. Minum kopi itu jangan asal seruput.

Lalu bagaimana caranya?

“Pertama cium dulu kopinya. Lalu cobain kopi dengan srup (diseruput) gitu. Caranya lidah tempelkan ke langit-langit lalu hirup kopinya,” kata Michael ditemui di Max Coffee Kemang Village, Jakarta, Rabu 10 Agustus 2022.

Tujuan menyeruput dan mengangkat lidah tersebut, agar ada oksigen masuk ke mulut, lanjutnya. Tujuan dari memasukan oksigen itu untuk membantu flavor kopi agar lebih menyebar ke dalam mulut.

“Nanti rasa kopi akan keluar dengan sendirinya, teruma bila intens merasakannya,” ujar Michael.

Meski demikian, menurut Michael, meminum kopi sebenarnya juga tergantung dari selera setiap orang. Cara menikmati kopi tidak harus dengan benar-benar murni bubuk kopi yang diseduh tanpa campuran apa pun.

Diakui Michael bahwa susu memang menjadi campuran paling umum dalam membuat minuman kopi. Dalam pembuatan kopi susu tersebut juga tidak bisa asal mencampurkan keduanya dalam satu gelas.

“Misal ingin kopi susu lebih strong, tinggal cari karakter kopi biasanya full body, house blend paling cocok di campur dengan susu, lalu dijadikan latte,” ujarnya.

Dengan mencampurkan bahan lain, tentu rasa asli dari kopi akan sedikit berkurang. Untuk itu, membuat kopi susu pun harus disesuaikan dengan keinginan untuk menentukan rasa mana yang ingin lebih terasa dominan.

“Untuk perbandingannya, susu bisa disesuaikan selera. Yang biasa digunakan jadi pengukuran pasti kopi. Misalnya ukuran medium bisa kopi 12 gram, kalau ingin rasanya lebih intens bisa 18 gram. Lalu susu menyesuaikan sesuai selera,” tuturnya.

Memang setiap orang punya cara masing-masing dalam menikmati kopi. Namun, bagi penikmat kopi murni ada cara khusus untuk mencari tahu jenis biji kopi yang dikonsumsi berasal dari mana.

Misalnya saja kopi lintong dari daerah Sumatera. Kopi lintong memiliki cita rasa yang dominan tobaco dan pedas khas rempah.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Hong Kong Tarik Peredaran Mie Sedaap, Wings Group Buka Suara

29 September 2022 - 15:16 WIB

Wings Mie Sedaap

Karena Alasan Ini, Hong Kong Tarik Mie Sedaap Asal Indonesia

29 September 2022 - 15:08 WIB

Hong Kong Mie Sedaap

Review Restoran Solo Maknyus di Kota Bogor, Menu dan Daftar Harganya

28 September 2022 - 17:00 WIB

Review Menu dan Daftar Harga Makanan di Saung Kuring Bogor

28 September 2022 - 16:47 WIB

Review Menu dan Harga Makanan di Rumah Air Bogor

28 September 2022 - 16:32 WIB

Review 6 Restoran Keluarga Paling Enak di Bogor yang Bikin Ngiler

28 September 2022 - 16:17 WIB

Trending di Kuliner