Wednesday, 24 April 2024
HomeKulinerCara Minum Kopi untuk Nikmati Cita Rasa Aslinya

Cara Minum Kopi untuk Nikmati Cita Rasa Aslinya

Bogordaily.net – Cara minum untuk nikmati cita rasa aslinya. Minum itu jangan asal seruput.

Lalu bagaimana caranya?

“Pertama cium dulu kopinya. Lalu cobain dengan srup (diseruput) gitu. Caranya lidah tempelkan ke langit-langit lalu hirup kopinya,” kata Michael ditemui di Max Coffee Kemang Village, Jakarta, Rabu 10 Agustus 2022.

Tujuan menyeruput dan mengangkat lidah tersebut, agar ada oksigen masuk ke mulut, lanjutnya. Tujuan dari memasukan oksigen itu untuk membantu flavor agar lebih menyebar ke dalam mulut.

“Nanti rasa akan keluar dengan sendirinya, teruma bila intens merasakannya,” ujar Michael.

Meski demikian, menurut Michael, meminum sebenarnya juga tergantung dari selera setiap orang. Cara menikmati tidak harus dengan benar-benar murni bubuk yang diseduh tanpa campuran apa pun.

Diakui Michael bahwa susu memang menjadi campuran paling umum dalam membuat minuman . Dalam pembuatan susu tersebut juga tidak bisa asal mencampurkan keduanya dalam satu gelas.

“Misal ingin kopi susu lebih strong, tinggal cari karakter kopi biasanya full body, house blend paling cocok di campur dengan susu, lalu dijadikan latte,” ujarnya.

Dengan mencampurkan bahan lain, tentu rasa asli dari kopi akan sedikit berkurang. Untuk itu, membuat kopi susu pun harus disesuaikan dengan keinginan untuk menentukan rasa mana yang ingin lebih terasa dominan.

“Untuk perbandingannya, susu bisa disesuaikan selera. Yang biasa digunakan jadi pengukuran pasti kopi. Misalnya ukuran medium bisa kopi 12 gram, kalau ingin rasanya lebih intens bisa 18 gram. Lalu susu menyesuaikan sesuai selera,” tuturnya.

Memang setiap orang punya cara masing-masing dalam menikmati kopi. Namun, bagi penikmat kopi murni ada cara khusus untuk mencari tahu jenis biji kopi yang dikonsumsi berasal dari mana.

Misalnya saja kopi lintong dari daerah Sumatera. Kopi lintong memiliki cita rasa yang dominan tobaco dan pedas khas rempah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here