Thursday, 28 March 2024
HomeKota BogorCari Bahan Baku Kokain di Kebun Raya Bogor, Ini Hasil Temuan Polisi

Cari Bahan Baku Kokain di Kebun Raya Bogor, Ini Hasil Temuan Polisi

Bogordaily.net–   Satuan Narkoba Polresta Bogor Kota, melakukan pemeriksaan ke (KRB) terkait pengakuan seorang tersangka kasus narkotika SDS (51) yang menyebutkan mendapat biji koka atau tanaman bahan baku kokain dari kawasan tersebut.

Kepala Satuan (Kasat) Narkoba Polresta Bogor Kota, Kompol Agus Susanto menjelaskan bahwa, (KRB) hanya mempunyai tanaman bernama erythroxylum novogranatense (Amerika Selatan) dan erythrocylum cuneatum (lokal Indonesia).

Tanaman erythroxylum cuneatum di .(Istimewa/Bogordaily.net)

“Memang ada di , masing-masing ada 1 pohon yang merupakan sejenis dengan tanaman erythrocylum koka,” kata Kasat Narkoba Polresta Bogor Kota, Kompol Agus Susanto, Selasa 9 Agustus 2022.

Sejarah pohon tersebut, kata Agus, ada di (KRB) hasil pertukaran biji antara KRB dengan Kebun Raya Kongo Belgia pada tahun 1927 silam. Tahun 1928 biji tersebut ditanam dan tumbuh di .

Saat ini tanaman erythroxylum novogranatense yang ada di tersebut dalam keadaan mati. Sedangkan tanaman koka erythroxylum (penghasil biji koka bahan dasar kokain) berasal dari Amerika selatan dan itu tidak ada di .

“Tanaman erythroxylum novogranatense dan erythroxylum cuneatum adalah family dengan tanaman koka erythroxylum yang merupakan tanaman berasal dari Amerika Selatan dan bahan dasar dari kokain,” jelasnya.

Dari hasil pemeriksaan oleh Satuan Narkoba Polresta Bogor Kota, tanaman erythroxylum atau penghasil biji koka bahan dasar kokain tidak ada atau tidak ditemukan di .

“Dijelaskan dan sambil diperlihatkan, bahwa di hanya mempunyai tanaman bernama erythroxylum novogranatense sedangkan koka erythroxylum  itu tidak ada di Kebun Raya Bogor,” tutup Agus.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here