Friday, 26 April 2024
HomeBeritaCatat Nih! Permintaan PSSI Buat Klub Sepakbola yang Kerja Sama dengan Rumah...

Catat Nih! Permintaan PSSI Buat Klub Sepakbola yang Kerja Sama dengan Rumah Judi

Bogordaily.net–  Sejumlah klub sepakbola di Indonesia dilaporkan ke Bareskrim Polri lantaran diduga ada keterkaitan klub itu dengan perusahaan . Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia () pun meminta klub-klub sepakbola profesional Indonesia untuk menghentikan kerja sama dengan pihak-pihak yang diduga terkait dengan perjudian.

“Di sepakbola tidak boleh ada hal yang meresahkan. Jadi kami minta para anggota untuk mengambil langkah terbaik. Sebelum ada hal-hal meresahkan, kami menyarankan agar kerja sama itu dihentikan dahulu,” ujar Sekretaris Jenderal Yunus Nusi dikutip Suara.com dari Antara, Selasa, 23 Agustus 2022.

Yunus memastikan akan memanggil tiga klub yang dilaporkan ke Bareskrim Polri terkait perjudian untuk meminta klarifikasi.

PSSI juga nantinya akan melihat apakah memang kebijakan klub-klub sepakbola itu ada yang melanggar hukum atau tidak.

Sebelumnya, PSSI menjadi salah satu pihak yang dilaporkan ke Bareskrim Polri, Selasa 22 Agustus 2022, selain PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan tiga klub Indonesia 2022-2023 yaitu Persikabo 1973, PSIS Semarang serta Arema FC, terkait praktik perjudian dalam sepak bola.

Menurut Indonesia Police Watch (IPW) laporan yang diajukan seorang akademisi sekaligus pencinta sepak bola Rio Johan Putra itu sudah diterima oleh Bareskrim.

Dugaan pidana oleh para terlapor yaitu mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik yang memiliki muatan perjudian juncto perjudian atau memberi kesempatan perjudian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 303 KUHP.

LIB dan PSSI telah menegaskan bahwa mereka tidak pernah bermitra atau ikut dalam kerja sama klub dengan pihak yang diduga rumah tersebut.

Mengenai kasus tersebut, IPW mendesak Polri memprosesnya karena dianggap sebagai perusak moral bangsa.

Persikabo 1973, dinilai IPW mempromosikan situs karena disponsori SBOTOP, lalu PSIS pun demikian karena didukung oleh Skore88.news yang mereka yakini sebagai situs Skore88 serta Arema FC melakukan tindakan serupa karena bekerja sama dengan Bola88.fun yang disebut-sebut terhubung dengan rumah Bola88.***

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here