Saturday, 20 April 2024
HomeKulinerCatat! Resep Bobor Daun Kelor dan Opor Singkong ala Megawati Sukarnoputri untuk...

Catat! Resep Bobor Daun Kelor dan Opor Singkong ala Megawati Sukarnoputri untuk Cegah Stunting

Bogordaily.net – Mantan Presiden Indonesia, Megawati Sukarnoputri berbagi masakan. Kali ini Ketua Umum PDIP itu berbagi MPASI atau Makanan Pendamping ASI, yang bisa mencegah stunting. Yaitu, dan opor singkong.

itu dia sampaikan saat acara Kick Off Kolaborasi Percepatan Penurunan Stunting yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Stunting sendiri adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita atau bayi di bawah 5 tahun, akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya.

Megawati mendemonstrasikan 2 MPASI, yakni Bobor Daun Kelor dan Opor Singkong.

Adapun kedua menu ini merupakan untuk MPASI bagi bayi usia 12 bulan hingga 24 bulan.

Untuk Bobor Daun Kelor terdiri dari beras, daun kelor mentah, santan, ikan lele, minyak, buah pir.

Total biaya untuk memasak makanan ini diklaim hanya sebesar Rp 3.700, yang juga disebut mengandung 12 jenis gizi dalam satu menu.

Untuk menu Opor Singkong, terdiri dari singkong, daging ayam, tahu dan santan ini, diklaim hanya memakan biaya Rp 3.200, yang juga dianggap mengandung 12 gizi.

Adapun kedua menu ini, terkandung dalam buku yang berjudul Makanan Baduta dan Ibu Hamil: untuk Generasi Emas Indonesia, ditulis oleh Hevearita G. Rahayu berdasarkan - masakan Megawati Sukarno Putri.

“Kaum perempuan harus bisa masak, apapun profesinya. Kaum perempuan kok lembek? Ayo bergerak! Tunjukkan bahwa kaum perempuan itu tidak lemah! Saya kalau berbicara lugas, kenyataan yang saya sampaikan, bukan seremonial. Ayo ibu-ibu, bangun!,” kata Megawati, dalam rilis BKKBN yang diterima suara.com, Selasa 9 Agustus 2022.

Megawati juga menjelaskan kalau permasalahan di Indonesia saat ini adalah stunting, yang tingkat prevalensinya mencapai 24,4 persen.

“Kalau saya inginnya, stunting di Indonesia itu nol persen,” pungkas anak Presiden RI pertama Ir. Soekarno itu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here