Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaChina Diterjang Banjir Bandang, Empat Orang Tewas

China Diterjang Banjir Bandang, Empat Orang Tewas

Bogordaily.net diterjang banjir bandang dan dilaporkan empat warga tewas pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Pihak berwenang sebagaimana dilansir CNN Indonesia melaporkan bahwa keempat orang itu meninggal usai banjir menerjang kawasan pegunungan Datong di Provinsi Qinghai.

Badan manajemen darurat Qinghai mengumumkan, tim pencarian dan penyelamatan sudah diterjunkan untuk melacak keberadaan puluhan warga lain yang hilang.

AFP melaporkan, banjir ini terjadi ketika sejumlah kawasan lain di mengalami ekstrem. Beberapa daerah di barat daya bahkan mencetak rekor suhu terpanas.

Jutaan penduduk di kawasan itu sampai-sampai terpaksa menjalani hari tanpa aliran listrik. Cuaca panas yang memicu pemutusan listrik itu juga membuat pabrik-pabrik tak dapat beroperasi.

Akhir pekan lalu, kawasan barat daya justru diterjang banjir parah yang merenggut empat nyawa dan melukai sembilan orang.

Pergantian cuaca ekstrem di ini sudah terjadi sejak Juni lalu. Saat itu, banjir menerjang kawasan selatan , memaksa lebih dari setengah juta penduduk mengungsi.

Sementara itu beberapa waktu lalu banjir bandang melanda kota wisata Pengzhou di Provinsi Sichuan, , Sabtu, 13 Agustus 2022 dan menewaskan tujuh orang. Tiga lainnya mengalami luka-luka akibat banjir yang dipicu oleh hujan deras terus-menerus itu.

Tim penyelamat telah dikerahkan ke lokasi kejadian, evakuasi korban dan pemulihan pascabencana masih terus berlangsung, demikian pernyataan otoritas Kota Pengzhou.

Media lokal melaporkan tidak ada peringatan apa pun sebelum banjir bandang datang pada pukul 19.30 waktu setempat.

Kota berpenduduk sekitar 800 ribu jiwa itu merupakan kota wisata di wilayah barat daya . Pada musim panas seperti sekarang, kota tersebut banyak dikunjungi wisatawan, terutama yang gemar berpetualang dan berkemah di Lembah Longcao di wilayah perbukitan Longmen. Pengzhou pernah terkena dampak terparah ketika gempa bumi melanda Sichuan pada 2008 yang merenggut nyawa 200 ribu orang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here