Disdukcapil Luncurkan Inovasi Layanan Berbasis Digital

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Kabupaten Bogor · 5 Agu 2022 17:53 WIB

Disdukcapil Luncurkan Beragam Inovasi Layanan Berbasis Digital untuk Masyarakat


 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor.(Diskominfo Kab Bogor/Bogordaily.net) Perbesar

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor.(Diskominfo Kab Bogor/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Untuk mempermudah dan mengoptimalkan layanan kependudukan kepada masyarakat Kabupaten Bogor, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus menciptakan berbagai inovasi layanan administrasi salah satunya melalui SMS Alai, Semangatbogorkab (Akta Online), Neng Titu Sehat, dan Delivery Dokumen dengan PT. POS dan Siloka.

Selain itu, untuk memberikan kemudahan aksesibilitas daya jangkau, Pemkab Bogor juga optimalkan peran UPT Dukcapil yang ada di tujuh wilayah Kabupaten Bogor, serta mengintegrasikan layanan bekerjasama dengan sejumlah perangkat daerah.

Salah satunya dengan 27 Puskesmas Poned dan 4 RSUD melalui Dinas Kesehatan, tujuh RS Swasta di Kabupaten dan Kota Bogor berkaitan dengan layanan pemenuhan dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Keluarga.

“Jadi warga Kabupaten Bogor yang lahir di Puskesmas Poned itu akan langsung mendapatkan tiga manfaat yaitu Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak, dan Kartu Keluarga dan itu langsung jadi. Sama halnya dengan layanan di UPT Dukcapil, masyarakat dengan mudah bisa mendapatkan layanan Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, pencetakan Kartu Identitas Anak, kemudian Akta Kematian,” terang Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Bogor, Emilia Okianthy Moerthy.

Lebih lanjut Emilia menjelaskan, untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Disdukcapil pihaknya juga telah menerapkan layanan pengaduan secara online, melalui aplikasi (Sistem Sarana Pengaduan dan Aspirasi) Si Sapa Dukcapil melalui nomor layanan 0811-818-6154 untuk menanggapi berbagai aduan warga agar langsung bisa segera ditindaklanjuti.

“Aduan tentang KTP, Akta Kelahiran dan lainnya, perharinya cukup banyak, aduan yang masuk untuk mengoptimalkan layanan itu kami punya petugas khusus untuk menjawab aduan yang masuk melalui aplikasi Si Sapa. Kami langsung koordinasi dengan bidang teknis terkait dengan KTP, KIA, Kartu Keluarga, atau perubahan biodata dan lain-lain, yang kemudian langsung kita tindaklanjuti,” jelasnya.

Menurutnya, dalam waktu dekat dirinya juga akan meluncurkan Sistem Layanan Online Kependudukan (Siloka) jilid 2 sebagai upaya memudahkan layanan kependudukan kepada masyarakat.

Layanan ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin mengurus surat pindah sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

“Beragam inovasi kita lakukan bukti komitmen kami untuk meningkatkan kualitas layanan. Mudah-mudahan kehadiran Siloka Jilid 2 bisa lebih memudahkan layanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dirinya juga menghimbau agar masyarakat lebih aware terhadap dokumen kependudukan untuk memudahkan ketika sewaktu-waktu diperlukan.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Etos ID Helat Indonesian Youth Creaction x Cultural Conference (IYCC)

15 Agustus 2022 - 10:16 WIB

IYCC

Yuk, Cek Jadwal dan Lokasi Simling di Kabupaten Bogor, Senin 15 Agustus 2022

15 Agustus 2022 - 08:49 WIB

lokasi simling

Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol

15 Agustus 2022 - 07:02 WIB

Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga

Gebyar Muharram, Yayasan Al Farisi Indonesia Berikan Santunan Yatim Piatu

14 Agustus 2022 - 20:32 WIB

Yayasan Al Farisi Indonesia

Halimatusadiyah Himbau TP-PKK Kecamatan Lebih Aktif Bina PKK Desa

14 Agustus 2022 - 12:30 WIB

TP-PKK Kecamatan

Pertama Kali Digelar, IPB RUN 10K 2022 Dukung Kepedulian Lingkungan dan Pendidikan

14 Agustus 2022 - 08:39 WIB

IPB RUN
Trending di Kabupaten Bogor