Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaDua Rudal Jelajah Ditembakan Korea Utara dari Pantai Barat Onchon

Dua Rudal Jelajah Ditembakan Korea Utara dari Pantai Barat Onchon

Bogordaily.net – Dua rudal jelajah ditembakan oleh Korea Utara (Korut) dari kota Pantai barat Onchon pada Rabu, 17 Agustus 2022. Peluncuran itu dilakukan sehari setelah Seoul dan Washington memulai empat hari latihan bersama.

Sumber itu mengatakan bahwa otoritas militer Korea Selatan dan sedang menganalisis penjelasan detail tentang penerbangan rudal, termasuk jangkauan rudal.

Peluncuran Korut terjadi sehari setelah Seoul dan Washington menggelar latihan gabungan awal empat hari untuk persiapan latihan lapangan Ulchi Freedom Shield yang berlangsung mulai 22 Agustus – 1 September.

Kedua sekutu telah mengurangi latihan militer gabungan dalam beberapa tahun terakhir karena COVID-19 dan untuk menurunkan ketegangan dengan Korea Utara, yang menuduh latihan itu sebagai latihan untuk invasi.

Sementara itu, Pentagon pada hari Selasa mengatakan AS, Korea Selatan dan Jepang berpartisipasi dalam latihan pertahanan rudal balistik di lepas pantai Hawaii pekan lalu – latihan pertama sejak 2017 ketika hubungan antara Seoul dan Tokyo mencapai titik terendah dalam beberapa tahun.

Sedangkan Pyongyang belum melakukan uji coba rudal selama dua bulan. Korut selama ini sedang sibuk berperang melawan wabah COVID-19.

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol pada hari Rabu menegaskan kembali bahwa dia bersedia memberikan bantuan ekonomi bertahap ke Korea Utara jika itu mengakhiri pengembangan senjata nuklir dan memulai denuklirisasi, saat dia menjawab pertanyaan selama konferensi pers untuk menandai 100 hari pertamanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here