Duduk di Kloset Lebih dari Lima Menit Bisa Membahayakan!

Menu

Mode Gelap
Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot! Update Korban Tragedi Kanjuruhan: 174 Orang Meninggal Dunia Terbaru! Ini Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Jumat 30 Sepember 2022 Lagi! Kota Bogor Hujan Hari Ini, Jumat 30 September 2022 Melonjak Rp 10 ribu Per Gram, Cek Harga Emas Antam Hari Ini

Kesehatan · 18 Agu 2022 11:52 WIB

Duduk di Kloset Lebih dari Lima Menit Bisa Membahayakan!


 Wc duduk. (Intisari Online/Bogordaily.net) Perbesar

Wc duduk. (Intisari Online/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Seorang pakar kesehatan dan kebugaran dari Inggris, Stephanie Taylor mengungkap duduk di kloset selama lebih dari lima menit adalah ide buruk karena bisa merusak rektum.

Rektum sendiri merupakan bagian dari usus besar yang berada di bagian akhir.

“Ketika Anda duduk di kloset dan anus berada di level berbeda, ini memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah di rektum bawah yang pada akhirnya dapat menyebabkan wasir yang tidak nyaman dan mengakibatkan pendarahan dubur,” ungkap Taylor, dikutip dari PMJ, Kamis 18 Agustus 2022.

Sementara Mayo Clinic juga memperingatkan, duduk dalam waktu lama di toilet atau mengejan atau mendorong terlalu keras bisa menjadi penyebab wasir. Menderita wasir atau ambeien bisa sangat menyiksa.

Sebagian besar kasus, ambeien bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi jika mengalami infeksi atau ambeien yang parah, Anda mungkin harus mencari bantuan dari profesional medis.

Wasir terjadi ketika Anda mengalami pembengkakan pembuluh darah tepat di dalam bagian bawah (anus) yang membentuk benjolan.

Wasir lebih mungkin terjadi pada orang yang tidak berolahraga, melakukan banyak angkat berat, sedang hamil atau sembelit. Mengejan saat buang air besar juga bisa memicu wasir.

“Selain itu, mengejan dapat menyebabkan fisura anus atau robekan kecil di usus besar dekat anus, yang bisa terasa gatal, nyeri, dan mengakibatkan pendarahan. Atau, dalam kasus terburuk, prolaps rektum, di mana rektum turun melalui anus,” jelas Taylor.

Menurut sebuah penelitian, hanya perlu lima menit untuk membuka usus. Jika Anda telah duduk selama lebih dari 15 menit tanpa buang air besar, ini mungkin menunjukkan bahwa Anda mengalami konstipasi.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mencegah ambeien atau wasir. Cobalah makan cukup serat dan minum air putih untuk membuat tinja tetap lunak sehingga Anda tidak perlu mengejan.

“Hindari duduk terlalu lama di kloset. Sebaliknya, pergilah ke toilet saat Anda benar-benar merasa ingin buang air besar,” pungkasnya.***

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Oatmeal Dapat Menurunkan Berat Badan dengan Cepat? Ini Faktanya!

3 Oktober 2022 - 21:35 WIB

Oatmeal

4 Cara Tepat Merawat Rambut Tipis Selain Pakai Lidah Buaya

3 Oktober 2022 - 18:34 WIB

rambut tipis

Bahaya Paparan Gas Air Mata, Gagal Napas hingga Akibatkan Kematian

3 Oktober 2022 - 15:04 WIB

Anggota Polri Kanjuruhan

Jarang Disadari, Ini Tanda-Tanda Anda Sedang Kelelahan!

3 Oktober 2022 - 08:54 WIB

Ketahui, Ternyata Tidur Nyenyak Lebih Penting untuk Kesehatan Loh!

2 Oktober 2022 - 20:11 WIB

tidur nyenyak

Catat! Gaya Hidup Dapat Cegah 40% Penyakit Kanker

2 Oktober 2022 - 16:28 WIB

gaya hidup
Trending di Kesehatan