Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaFIFA Resmi Rilis Emblem Piala Dunia U-20 2023

FIFA Resmi Rilis Emblem Piala Dunia U-20 2023

Bogordaily.net – Federation Internationale de Football Association atau Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) secara resmi telah merilis logo atau emblem Piala Dunia U-20 2023 .

Logo resmi Piala Dunia U-20 2023 dirilis bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan atau HUT RI ke-77, Rabu, 17 Agustus 2022 kemarin.

Lewat sebuah video, FIFA menampilkan anak yang sedang bermain sepakbola. Selain itu, ditampilkan juga cuplikan gol Ronaldo Kwateh saat membobol gawang lawan di Piala AFF U-19 2022.

Di akhir video berdurasi 15 detik itu kemudian ditutup dengan gambar emblem baru Piala Dunia U-20.

“Emblem resmi mewakili semangat dan semangat kebangkitannya untuk permainan sepak bola yang indah,” sebagaimana dilansir dari FIFA Kamis, 18 Agustus 2022.

Adapun logo resmi awalnya akan diperkenalkan pada 23 Mei 2020. Pada akhirnya FIFA membatalkannya pada 24 Desember 2020 lantaran situasi COVID-19 dan event ini batal digelar 2021 dan digeser ke 2023.

“Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di , dan peluncuran lambang resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” kata Direktur Turnamen FIFA Jaime Yarza.

“Selain menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepak bola kepada dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga akan membantu mengembangkan olahraga di tanah air, dan akan ada warisan infrastruktur yang signifikan yang akan bermanfaat bagi sepakbola di di tahun-tahun mendatang.”

Logo Piala Dunia U-20 2023 terinspirasi oleh warna bendera nasional , laut biru kehijauan yang mempesona, serta arus yang mengalir melalui kepulauannya. Kemudian, mahkotanya melambangkan hasrat global dalam bermain bola di berbagai benua.

Terkait hal ini, Jaime Yarza selaku Direktur Turnamen FIFA menyampaikan, Piala U-20 2023 ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang diadakan di .

“Peluncuran emblem resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” ungkapnya.

“Selain menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepak bola kepada dunia, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 juga akan membantu mengembangkan olahraga di tanah air, dan akan ada warisan infrastruktur yang signifikan yang akan bermanfaat bagi sepak bola di Indonesia di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Dalam hal ini juga, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menuturkan bahwa peluncuran lambang resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 merupakan tanda kebangkitan sepak bola tanah air.

“Peluncuran lambang resmi Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia,” ujar Iriawan.

“Tentunya turnamen ini juga akan mewariskan banyak hal baik untuk perkembangan sepakbola Indonesia ke depan, seperti infrastruktur dan pembangunan sepakbola,” tambahnya.

Sebagai informasi, turnamen Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya digelar di Indonesia dijadwalkan berlangsung mulai dari 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.(*)

 

(Riyaldi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here