Monday, 29 April 2024
HomeNasionalGaruda Flight Diisi TNI AU Buat Formasi 77 Melintas di Atas Istana...

Garuda Flight Diisi TNI AU Buat Formasi 77 Melintas di Atas Istana Merdeka

Bogordialy.net – Momen peringatan ,  Garuda flight yang diisi prajurit TNI Angkatan Udara terbang dengan 77 dan melintas di atas Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 17 Agustus 2022.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan dalam rangka HUT RI ke-77 telah digelar di Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2022.

Acara peringatan HUT RI ke 77 di Istana Kepresidenan tersebut dimeriahkan berbagai pertunjukkan.

Selain kesenian, ada juga aksi udara di langit Istana Merdeka yang dilakukan oleh Personil TNI dan Polri.

Aksi 77 di udara dilakukan dengan 14 pesawat F-16 oleh para penerbang dimulai dengan melintas di atas Istana disaksikan Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wuri Ma'ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju serta para undangan lainnya.

Saat terbang di atas langit Jakarta, Garuda Flight yang diwakili flight leader, Mayor Pnb Bambang Aulia Yudhistira menyampaikan selamat dari kokpit pesawat tempur F-16.

“Kami elang-elang Angkatan Udara. Di bawah biru langit ibu kota, mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022. Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Salam Swa Bhuwana Paksa,” kata Aulia dari atas pesawat.

Setelah mengucapkan selamat, Garuda Flight yang diisi 16 pesawat F-16 dengan 77 lewat atas Istana Merdeka. Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir tampak menunjuk pesawat tempur tersebut.

Setelah Garuda Flight melaksanakan , kini giliran helikopter gabungan milik TNI dan Polri yang unjuk kebolehan. Mereka membawa satu bendera raksasa dan terbang di atas Istana Merdeka.

Sama seperti saat Garuda Flight lewat dengan 77, helikopter ini juga menarik perhatian. Presiden Jokowi dan tamu undangan terus menyaksikan atraksi tersebut.

Adapun helikopter tersebut memiliki julukan Nusantara Flight yang dipimpin Letkol Pnb Imanuel Simarmata. Sejumlah helikopter yang digunakan yaitu helikopter AH64 Apache milik TNI AD; helikopter AS565 Panther milik TNI AL; helikopter EC725 Karakal dan helikopter NAS332 Super Puma milik ; dan helikopter AW169 Polri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here