Hara Hachi Bu, Diet Jepang yang Bikin Panjang Umur

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Kesehatan · 6 Agu 2022 22:07 WIB

Hara Hachi Bu, Diet Jepang yang Bikin Panjang Umur


 Ilustrasi. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Tak hanya biasa mengonsumsi makanan laut mentah seperti sushi dan sashimi, ternyata orang Jepang punya diet unik bernama Hara Hachi Bu.

Bukan itu saja, mereka juga sekalian menerapkan pola diet sehat yang bikin mereka panjang umur, awet muda, dan bertubuh langsing, lho, diet ini bernama Hara Hachi Bu.

1. Pengertian Hara Hachi Bu

Hara Hachi Bu berasal dari kalimat Jepang apabila diterjemahkan menjadi “Makanlah hingga terisi 80% dari kapasitas perutmu” sebuah pengingat bagi kalian untuk menyisakan ruang di perut setidaknya 20% sehabis makan, tak boleh sampai kekenyangan.

Ini sangat memudahkan kinerja otot peristaltik lambung dalam melumatkan makanan sehingga selain mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal, diet ini juga membantu menjauhkan kita dari berbagai masalah kesehatan lambung seperti obesitas, diabetes, refluk asam lambung, dan gangguan metabolisme.

Dilansir dari Cleveland Clinic, Susan Albers, Seorang dokter psikolog, berkata bahwa pendekatan ini (Hara Hachi Bu) terbilang sangat membantu karena dapat menginstruksimu untuk berhenti makan sebelum kenyang.

“Ini adalah saran yang bagus untuk orang yang suka makan berlebihan atau yang sedang belajar bagaimana mengisi perut mereka secukupnya,” kata Dr. Albers, dikutip dari Yoursay.

“Bertujuan untuk mengisi 80% kapasitas perut, kemungkinan akan membantumu dalam mendapatkan lingkar pinggang yang ideal.”

2. Cara menerapkan Hara Hachi Bu supaya lebih efektif

Mengetahui kapasitas perut sudah mencapai 80% kenyang atau belum memang sulit untuk diketahui. Terlebih, ada faktor tertentu yang membuat seseorang merasa cepat lapar padahal baru usai menyantap makanan, hal ini bisa terjadi karena dipengaruhi gaya hidup tidak sehat hingga pada masalah psikologis seseorang.

Jika ingin diet Hara Hachi Bu ini berhasil, berikut adalah deretan kiat-kiat yang bisa diterapkan:

  • Makan secara perlahan
    Makan terlalu buru-buru dan cepat hanya akan membuat kita ingin makan lagi. Makanlah secara perlahan dan kunyah makan dengan baik.
  • Fokus pada makanan
    Jika hendak makan, sebaiknya hindari sambil menonton TV atau memegang gawai yang akan membuatmu terdistraksi dan gagal fokus.
  • Gunakan porsi makan kecil
    Caranya adalah dengan menggunakan peralatan piring kecil dan gelas yang berukuran panjang. Secara otomatis, akan membantumu makan dengan porsi sedikit per sedikit.

3. Efek diet ini terhadap tubuh

Perlu diketahui bahwa diet Hara Hachi Bu ini berasal dari prefektur Okinawa, di Jepang. Masih dilansir dari artikel Cleveland Clinic, pola diet Hara Hachi Bu membuat asupan kalori harian orang Okinawa hanya mencapai kisaran 1.900.

Sedikit lebih jauh ketimbang jumlah kalori yang dikonsumsi oleh orang Amerika yang berkisar lebih dari 2.500. Para lansia di Okinawa, terlihat bugar dan bertubuh ideal bahkan saat menginjak rata-rata usia lebih dari 100 tahun.

Terlebih, mereka juga suka melakukan aktivitas sehat seperti berkebun, berjalan kaki, dan mendaki gunung. Tak pelak, dianugerahi umur yang panjang.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Jangan Menahan Buang Air Kecil, Bisa Infeksi!

6 Oktober 2022 - 18:55 WIB

menahan buang air kecil

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan!

6 Oktober 2022 - 18:02 WIB

setelah makan

Kamu Lagi Sakit Flu? Coba Yuk 4 Obat Alami Ini

6 Oktober 2022 - 09:58 WIB

tanaman herbal

Minum Teh Setiap Hari Bantu Kurangi Resiko Penyakit, Mitos atau Fakta?

5 Oktober 2022 - 17:25 WIB

minu teh setiap hari

Berikut Info Jadwal Praktek Dokter Spesialis di Bogor Senior Hospital

5 Oktober 2022 - 13:36 WIB

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Lagi Stres Berat

5 Oktober 2022 - 09:43 WIB

Trending di Kesehatan