Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalHati-Hati! Serpihan Roket China yang Jatuh ke Bumi Melintasi Indonesia

Hati-Hati! Serpihan Roket China yang Jatuh ke Bumi Melintasi Indonesia

Bogordaily.net–  jatuh ke Bumi. Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut sampah antariksa CZ5B, bekas peluncuran modul stasiun antariksa melintasi Indonesia tepatnya di Sumatera bagian selatan.

“Terpantau, Indonesia di wilayah Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat terlintasi pada saat-saat akhir lintasan bekas ,” kata Peneliti Senior BRIN Thomas Djamaludin dalam keterangan tertulis yang dilansir Suara.com.

Thomas menjelaskan, sampah antariksa besar tersebut jatuh di Samudera Hindia pada Sabtu 30 Juli 2022 pukul 23.45 WIB. Sampah antariksa tersebut tidak berbahaya bagi biota laut di perairan itu.

Data orbit dari pemantauanspace-track.org kata dia menunjukkan titik jatuh di barat daya Indonesia.

“Namun bisa jadi ada pecahannya yang mungkin tersebar sepanjang lintasan terakhir, orbitnya melintasi Sumatera bagian selatan,” ujarnya.

Jika ada penduduk yang melihat objek langit yang jatuh sekitar pukul 23.45 WIB, dapat segera melaporkan ke Pusat Riset Antariksa BRIN melalui surat elektronik [email protected].

Sementara Kepala Pusat Riset Antariksa BRIN Emanuel Sungging Mumpuni mengatakan berdasarkan hasil analisis tim Riset Benda Jatuh Antariksa, sampah antariksa itu akan jatuh di sekitar wilayah selatan Filipina dan akan berada pada ketinggian 10 kilometer (km) di atas wilayah Sarawak, Malaysia.

Proses benda jatuh antariksa juga berhasil direkam oleh pengamat di Lampung melalui Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL).

Menurut informasi dari Kementerian Sains, Teknologi, dan Inovasi (MOSTI) melalui maklumat tertulis Agensi Angkasa Malaysia (MYSA) pada 31 Juli 2022, serpihan yang sama juga terpantau di wilayah Malaysia.

Serpihan telah terbakar semasa memasuki ruang udara bumi dan pergerakan serpihan yang terbakar melintasi ruang udara Malaysia.

Fenomena tersebut dibuktikan dengan kesaksian dari masyarakat di wilayah Malaysia yang merekam fenomena tersebut dan viral di media sosial.

Sebelumnya diberitakan dikabarkan jatuh ke Bumi pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Pengguna media sosial di Malaysia mengunggah video yang sepertinya memperlihatkan puing-puing .

Seorang warga Malaysia bernama Nazri Sulaiman, lewat akun Twitter-nya @nazriacai merekam objek di langit yang diduga merupakan Long March 5B dari Kuching, Sarawak Malaysia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here