Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorHujan Deras, Dua Rumah di Ciawi Bogor Tertimpa Longsor

Hujan Deras, Dua Rumah di Ciawi Bogor Tertimpa Longsor

Bogordaily.net–  Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor mengakibatkan tebing setinggi 7 meter di Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, akibat hujan deras pada Jumat 12 Agustus 2022. Tidak hanya itu, di Ciawi itu juga menimpa dua unit rumah yang berada di bawah lokasi longsoran.

Informasi yang dihimpun tersebut terjadi di Ciawi pada pukul 17.30 WIB. Sebuah tebing pembatas ambrol dan menimpa rumah.

“Hujan deras dan mengakibatkan tebingan pembatas tanah itu , hingga menimpa dua rumah,” kata Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Jalaludin dilansir Suarabogor.id.

Di sisi lain, Bendungan Katulampa, Kota Bogor yang dialiri Sungai Ciliwung mengalami kenaikan tinggi muka air (TMA) hingga mencapai 110 cm sehingga berstatus siaga 3 banjir Jakarta pada Jumat 12 Agustus 2022 malam.

Kepala Bendung Katulampa Andi Sudirmaan di Kota Bogor mengatakan, hujan sedang hingga deras hampir merata di wilayah Bogor sejak sore hari membuat arus Sungai Ciliwung meningkat.

“Hujan sore hingga malam memang sering terjadi di Kota Bogor. Hari ini, siang tadi masih cerah, hujan dimulai pukul 17.00 WIB sampai 18.30 WIB ini membuat tinggi muka air Ciliwung di Bendung Katulampa naik,” kata Andi.

Ia menyebut status Siaga 3 di Bendung Katulampa dengan ketinggian 110 cm tercatat pada pukul 18.00 WIB.

Kenaikan mulai terjadi pada sore hari ketika hujan sedang hingga deras mulai mengguyur wilayah hulu Sungai Ciliwung yakni di Puncak Cisarua, . Hal yang perlu diwaspadai, wilayah Kota Bogor pun diguyur hujan sehingga bisa menambah volume air sungai menuju Jakarta.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here