Tuesday, 19 March 2024
HomeBeritaIndonesia Jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Indonesia Jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2022

Bogordaily.net – Indonesia keluar sebagai juara umum . Atas capaian itu, Ketua Puan Maharani mengapresiasi para disabilitas yang mampu meraih capaian itu.

Ia pun merasa bangga atas prestasi yang telah dipersembahkan para Indonesia.

“Keberhasilan ini (juara umum) berkat kerja keras seluruh pihak yang terlibat hingga dapat mengharumkan nama bangsa,” demikian kata Puan, Senin 8 Agustus 2022.

Secara khusus, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua ini memberi apresiasi untuk para Para Games Indonesia. Menurut Puan, seluruh yang mengikuti perhelatan ASEAN Para Games menjadi bukti bahwa penyandang disabilitas masih tetap bisa berprestasi.

“Terima kasih kepada para pahlawan olahraga yang telah kembali membawa Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games. Termasuk juga bagi pelatih, official, dan volunteer yang membantu disabilitas berjuang demi nama baik Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut, Puan berterima kasih kepada Pemerintah yang telah mendukung terselenggaranya multievent olahraga bagi disabilitas se-Asia Tenggara itu.

Apresiasi juga diberikan kepada Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) selalu pelaksana, TNI/Polri, Satgas Penanganan Covid-19, dan seluruh instansi maupun pihak yang membantu penyelenggaraan event ini.

“Keberhasilan Indonesia menyelenggarakan ASEAN Para Games menjadi bukti bahwa negara memfasilitasi kegiatan olahraga dan prestasi bagi penyandang disabilitas,” sebut Puan.

Perolehan medali emas Indonesia di menjadi pencapaian terbesar sepanjang keikutsertaan Tim Garuda sejak tahun 2001.

Indonesia menempati posisi puncak setelah merebut 426 medali dengan rincian 175 medali emas, 144 medali perak, dan 107 medali perunggu.

DPR berharap prestasi Indonesia dapat terus meningkat pada penyelenggaraan ASEAN Para Games tahun 2023 di Kamboja.

Oleh karenanya, Puan mengajak seluruh stakeholder untuk mendukung sepenuhnya pembinaan atlet penyandang disabilitas selama 1 tahun ke depan.

“Pembinaan atlet penyandang disabilitas tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tapi demi mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional, DPR akan terus memberi dukungan lewat fungsi-fungsi kedewanan,” ungkap mantan Menko PMK itu.

“Kami juga mengajak Pemerintah, termasuk Pemerintah Daerah, bekerja optimal dalam melakukan pembinaan dan memberi dukungan kepada para atlet penyandang disabilitas,” imbuh Puan.***

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here