Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaIni 4 Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Ini 4 Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Bogordaily.net – hitam yang muncul pada dan tentunya akan dapat mengurangi rasa percaya diri, hal ini terjadi karena pigmen ekstra atau melanin yang menumpuk pada kulit.

Cara mengatasi hitam pada sebenarnya mudah bisa menggunakan bahan alami tanaman lidah buaya salah satunya.

Hal ini lantaran karena lidah buaya mempunyai kandungan antioksidan, enzim, vitamin A, vitamin C, dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati luka bakar, jerawat, serta melembabkan kulit kering.

Kemudian, kandungan enzim pada lidah buaya juga dapat membantu dalam proses pengelupasan kulit secara alami yakni hitam perlahan akan hilang dan kulit akan tampak lebih halus.

Dirangkum dari herworld, berikut ini adalah empat penyebab yang harus diketahui :

1. Paparan Sinar Matahari

Kemunculan pada wajah disebabkan oleh produksi melanin akibat paparan sinar matahari. Apabila paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah, maka akan membuat produksi melanin kian bertambah dan muncul hitam wajah. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit.

2. Hiperpigmentasi

Kondisi hiperpigmentasi adalah peningkatan melanin pada kulit wajah dimana zat ini bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit.

Kemudian hiperpigmentasi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor yakni seperti peradangan pada kulit, paparan sinar matahari terlalu sering, penuaan kulit, penggunaan obat-obat tertentu, seperti pil KB, kehamilan, hemokromatosis dan penyakit Addison.

3. Faktor Genetik

Faktor genetik juga bisa menyebabkan munculnya noda hitam pada wajah perempuan.

Pasalnya, orang yang mempunyai faktor ini cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan oleh alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

Kemudian penyebab hitam ini lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, dan memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.

4. Faktor Usia

Faktor usia memang tidak dapat dipungkiri menjadi penyebab timbulnya hitam atau noda wajah. Pasalnya, seiring dengan bertambahnya usia sehingga kulit seseorang akan kehilangan elastisitasnya.

Hal ini karena berkurangnya protein kolagen yang diproduksi oleh kulit. Selain tampak kendur alias tidak kencang, hilangnya elastisitas kulit juga dapat membuat kulit lebih rentan terhadap munculnya hitam.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here