Friday, 19 April 2024
HomePolitikIni Alasan Bawaslu Tolak Gugatan Partai Kedaulatan Rakyat

Ini Alasan Bawaslu Tolak Gugatan Partai Kedaulatan Rakyat

Bogordaily.net – Badan Pengawas Pemilu () RI menolak materiil gugatan Partai Kedaulatan Rakyat () terhadap tahapan pendaftaran calon peserta Pemilu Serentak 2024 yang dikerjakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

Putusan tersebut disampaikan Ketua RI, Rahmat Bagja dalam Sidang Pendahuluan Laporan Dugaan Pelanggaran Admnistrasi di Kantor RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 25 Agustus 2022.

“Menetapkan, menyatakan laporan tidak dapat diterima dan tidak dapat ditindaklanjuti,” ujar Bagja saat membacakan amar putusan.

Anggota RI, Totok Hariyono yang juga bertindak sebagai Anggota Majelis Sidang Pendahuluan ini menjelaskan, alasan RI tidak dapat menerima permohonan Partai Kedaulatan Rakyat ().

Berdasarkan ketentuan Pasal 25 ayat (6) dan ayat (7) Perbawaslu 8/2018 tentang Penanganan Pelanggaran Administrasi, yang mengajukan gugatan harus memenuhi syarat formil dan materiil.

“Bahwa setelah majelis pemeriksa melakukan pemeriksaan terhadap objek pelanggaran yang dilaporkan dan hal-hal yang diminta untuk diputuskan, majelis berpendapat objek pelanggaran yang dilaporkan oleh pelapor tidak jelas,” ungkap Totok, dikutip dari RMOL.

Dia menegaskan, objek dugaan pelangaran yang disampaikan Partai Kedaulatan Rakyat () tidak disebutkan dengan baik tentang perbuatan yang dilakukan pihak terlapor, dalam hal ini KPU RI.

“Sehingga majelis menyimpulkan laporan pelapor tidak memenuhi syarat materiil,” demikian Totok menambahkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here