Sunday, 5 May 2024
HomeKulinerIntip Yuk! Makanan Favorit 7 Presiden Indonesia, Mulai dari Soekarno Hingga Jokowi

Intip Yuk! Makanan Favorit 7 Presiden Indonesia, Mulai dari Soekarno Hingga Jokowi

Bogordaily.net – Bicara mengenai , selain prestasi, hal lain yang mungkin tidak diketahui masyarakat ialah mengenai makanan favorit, mulai dari Soekarno hingga Jokowi.

Seperti masyarakat pada umumnya, Indonesia juga manusia biasa yang menggemari makanan tertentu. Makanan ini bahkan seolah wajib tersedia di meja makan.

Jenisnya beragam, namun semuanya adalah makanan tradisional. Mereka menyukai cita rasanya yang sederhana, namun enak. Ada juga yang jadi mengingatkan akan masa kecilnya.

Merangkum berbagai sumber, inilah makanan favorit 7 Indonesia:

1. Soekarno

Proklamator sekaligus pertama Indonesia ini punya selera sederhana soal makanan favoritnya. Dalam beberapa buku mengenai dirinya, terungkap bahwa Soekarno sangat suka tempe. Olahan tempe bacem bahkan kerap dicari setiap hari olehnya.

Makanan lain yang disukai Soekarno adalah ikan bumbu balado, nasi jagung, hingga sayur lodeh. Tak ketinggalan pecel yang bahkan sampai ia kenalkan ke Eropa. Di Blitar, Soekarno punya warung pecel favorit bernama Mbok Pin di Jalan Ahmad Yani.

2. Soeharto

Makanan favorit kedua Indonesia ini adalah hidangan rumahan. Diungkap sang anak, Titiek Soeharto, ayahnya sangat suka tahu dan tempe. Dua menu berbahan kedelai ini harus selalu ada di meja makan. Olahannya bisa digoreng atau dibacem.

Untuk menu sarapan biasanya Soeharto menyantap nasi goreng sambal bawang, sementara makan malamnya lebih beragam. Ia menyukai semur lidah, pindang bandeng, dan sayur lodeh.

3. Bacharuddin Jusuf Habibie

Bacharuddin Jusuf Habibie alias BJ Habibie diketahui sebagai penggemar berat ikan. Ia selalu menyebut olahan ikan sebagai makanan favoritnya. Tak mengherankan sebab pria berdarah Sulawesi ini sering makan ikan waktu kecil.

Selain itu, BJ Habibie adalah penggemar kue-kue khas Makassar. Ada 3 menu yang pernah disebutnya secara spesifik. Ketiganya adalah barongko, putu pesse, dan sanggara bandang.

4. Abdurahman Wahid

keempat Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur punya makanan favorit yang beragam. Dari berbagai pemberitaan, terungkap jika Gusdur suka aneka hidangan tradisional.

Mulai dari gulai otak sapi, gulai limpa, hingga ayam kampung panggang. Tapi ada satu menu ikonik yang lekat dengan Gus Dur. Menu itu adalah nasi kikil yang dijajakan sebuah warung sederhana di Jombang.

5. Megawati Soekarno Putri

Satu-satunya Indonesia perempuan sejauh ini, Megawati terkenal dengan keahliannya masak nasi goreng. Ia bahkan pernah menjamu Prabowo Subianto pada tahun 2019 dengan nasi goreng buatannya.

Nasi goreng ini dibuat dengan bumbu yang lengkap, termasuk terasi goreng yang bikin rasanya makin enak. Resepnya bisa dilihat DI SINI.

Lalu untuk makanan favoritnya, ibunda Puan Maharani ini penggemar ikan bakar khas Gianyar, Bali. Warung langganannya adalah Warung Ikan Bakar Pak Made di Jalan Pudak. Megawati juga suka bakmi Jawa hingga ayam pop dari sebuah restoran Minang.

6. Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono atau akrab disebut SBY diketahui gemar kulineran. Ia punya banyak tempat makan langganan di berbagai daerah. Sampai sekarang, makanan favoritnya ini masih laris diminati para foodies.

Salah satunya, Bakso Sukowati yang ada di kawasan Cikeas. Seporsinya Rp 20 ribuan saja sudah terdiri dari 6 butir bakso polos. SBY juga suka ayam goreng Madukoro yang gurih juicy.

Restorannya ada di Pondok Gede, Jakarta Timur dan sudah ada sejak 1989. Ayam goreng ini memakai jenis ayam kampung yang gurihnya meresap sampai ke tulang

7. Joko Widodo

Pria kelahiran Solo ini menggemari berbagai daerah Indonesia. Hal ini terungkap lewat unggahan YouTube pribadinya yang khusus menyebut - enak di beberapa kota.

Kalau urusan makanan sehari-hari, juru masak istana pernah mengungkap makanan favorit Jokowi. Ayah 3 anak ini penggemar berat soto ayam, sayur bening bayam, orek tempe, hingga tumis pepaya muda.

Jokowi juga penggemar sate kambing khas Solo. Tempat favoritnya, Sate H. Bejo yang diketahui punya racikan sate kambing muda dan sate buntel enak. Sate disajikan.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here