Wednesday, 26 June 2024
HomeKota BogorIPSI Jabar Gelar Festival Pencak Silat di Kebun Raya Bogor

IPSI Jabar Gelar Festival Pencak Silat di Kebun Raya Bogor

Bogordaily.net–  PT Mitra Natura Raya (MNR) selaku pengelola (KRB) berkolaborasi dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Barat (Jabar) menggelar Festival Pencak Silat yang dikemas dalam ‘Seni Tradisi Cup I selama tiga hari dari 19 Agustus sampai 21 Agustus 2022 di Taman Reindwart (Ecodom) KRB, .

Komisaris Utama PT Mitra Natura Raya, Ery Erlangga mengatakan, sejak awal festival pencak silat sudah direncanakan. Sebab, Kebun Raya bukan hanya menjadi tempat liburan tetapi bisa menjadi tempat melestarikan kebudayaan dalam bentuk apapun.

“Pencak silat itu warisan budaya yang luar biasa. Bahkan sudah diakui UNESCO sehingga harus betul-betul kita lestarikan,” ujarnya kepada wartawan Jumat, 19 Agustus 2022.

Melalui festival pencak silat, lanjut Ery, merupakan bentuk nyata dari KRB bahwa pihaknya memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap kebudayaan.

“Kedepan semoga setiap tahun bakal ada kegiatan seperti ini. Meski dengan waktu persiapan yang tidak terlalu panjang, tapi semangat teman-teman tercerminkan betapa pedulinya terhadap kelestarian pencak silat,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Pengprov Helmi Sutikno mengapresiasi menggelar festival pencak silat. Menurut Apih Helmi sapaan karibnya, pencak silat saat ini sudah hampir hilang.

Oleh karenanya, sudah menjadi tanggung jawab dan tugas dari tokoh-tokoh pesilat untuk kembali melestarikan dan menggelorakan seni bela diri pencak silat.

IPSI Jawa Barat menggelar Festival Pencak Silat ‘Seni Tradisi Cup I di .(Ibnu Galansa/Bogordaily.net)

“Kegiatan saat ini spektakuler. Apalagi baru ada lagi sudah sekian lama tidak ada kegiatan pencak silat. Hari ini saja ada 412 peserta dari berbagai daerah seperti Lampung, Banten, DKI Jakarta dan masih banyak lainnya se-Jawa Barat. Ini luar biasa, saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada Bapak Ery yang telah memulai kembali dan melestarikan pencak silat,” ujarnya.

Apih Helmi berharap, kegiatan pencak silat yang dilaksanakan KRB dapat berlanjut setiap tahunnya. Adapun kekurangan, sambungnya, tentu menjadi bahan evaluasi agar kedepan bisa lebih baik.

Sebelumnya, Festival Pencak Silat bertajuk ‘Seni Tradisi Cup I' merupakan pertandingan dalam memperebutkan piala bergilir . Ada empat kategori perlombaan, yakni kategori tunggal putra putri, ganda putra putri, regu putra putri dan penampilan cerita pencak silat.

Kegiatan tersebut juga terdiri dari tujuh kategori usia, mulai dari prausia dini mulai dari 5 tahun sampai 9 tahun hingga kategori sesepuh mulai dari usia 41 tahun hingga 60 tahun.(Ibnu Galansa Montazerry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here