Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaJangan Ditahan! Ini 5 Dampak Buruk Menahan Kentut Bagi Kesehatan

Jangan Ditahan! Ini 5 Dampak Buruk Menahan Kentut Bagi Kesehatan

Bogordaily.net – Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang untuk . Namun ternyata, bukan hal bagus untuk kesehatan jika terlalu sering.

Kentut ialah tentang kerja usus, karena apa yang Anda konsumsi akan menentukan apa yang dikeluarkan. Termasuk gas dengan bermacam aroma. Makanan yang tepat dapat membantu menghindari kentut dengan suara nyaring.

Dalam jangka pendek, bisa menyebabkan kembung, maag, gangguan pencernaan, rasa tidak nyaman, dan perut sakit. juga berkaitan dengan diverkulitis atau peradangan kantong yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan.

Sejauh laporan medis yang tercatat, dilansir Healthline,  tidak berbahaya hingga mengakibatkan kematian. Meskipun dipayungi rasa tidak nyaman karena mengencangkan otot sfingter anal dan mengepalkan bokong dapat membuat Anda lebih berkeringat.

Berikut 6 bagi kesehatan.

1. Wasir

Hal ini terjadi karena adanya gerakan yang berlebihan pada organ dubur ketika agar tidak keluar.

Gerakan tersebut dapat membuat otot-otot di dubur menegang dan memicu melebarnya pembuluh darah, hingga akhirnya akan memicu wasir.

2. Menimbulkan Rasa Sakit

menahan kentut yang paling sering terjadi adalah peningkatan tekanan pada usus yang bisa menjadi menyakitkan. Rasa nyerinya bisa ringan hingga terasa menusuk dan tajam.

3. Kembung

Kembung terjadi ketika gas terperangkap di dalam usus yang membuat perut menjadi buncit. Tidak hanya dapat membuat kamu tampak seperti seseorang yang kelebihan berat badan, tapi juga membuatmu merasa tidak nyaman dalam berpakaian dan menjadi tidak percaya diri.

4. Usus Meradang

Selanjutnya, menahan kentut adalah meradangnya usus. Kondisi ini juga bisa disebut sebagai diverticulitis. Kondisi tersebut bisa terjadi karena kantong kecil berkembang di lapisan usus dan mengakibatkan peradangan.

5. Merusak dinding usus

Mereka yang memiliki sfingter atau dinding usus yang lemah, keadaan penumpukan gas yang kuat dapat merusaknya. Jadi menahan kentut pasti bisa lebih berisiko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here