Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaJangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Cangkang Telur

Jangan Langsung Dibuang, Ini 5 Manfaat Cangkang Telur

Bogordaily.net – Cangkang memiliki kandungan kalsium berkisar 40%, tiap gramnya mengandung 381-401 mg. Nah, kalsium ini adalah komponen mineral terpenting yang akan memperkuat tulang, sendi, dan gigi.

Bagi kamu yang penasaran tentang apa saja manfaat dari cangkang-cangkang tersebut, inilah 5 deretan manfaatnya yang akan membuatmu menyesal telah membuangnya!

1. Cegah osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu kondisi di mana tulang mengalami kehilangan massa mineralnya sebagai akibat dari kekurangan sejumlah asupan kalsium yang dibutuhkan tulang. Tak pelak, hal ini membuat tulang menjadi rapuh, mudah patah, keropos, dan menipis. Kondisi ini biasa menyerang para lansia.

Dilansir dari healthline, sebuah studi yang dilakukan pada wanita pasca menopause dengan riwayat osteoporosis, didapati bahwa cangkang yang ditumbuk halus serta dikonsumsi bersama dengan vitamin D3 dan magnesium, secara signifikan memperkuat dan meningkatkan kepadatan tulang mereka.

Lebih lanjut, bahkan lebih efektif dalam mengurangi risiko osteoporosis daripada kalsium karbonat murni.

2. Menyuburkan tanaman

Kandungan esensial rupanya dapat menyuburkan tanaman. Kandungan terdiri dari kalsium karbonat dan mineral seperti potassium, fosfor, dan magnesium yang berfungsi memperkuat sel dinding dan membantu pertumbuhan tanaman jadi lebih cepat.

Kamu dapat menggiling halus sisa-sisa cangkang tak terpakai sebagai pupuk organik alami yang aman, efektif, dan murah.

3. Skin care alami

Tak hanya putih saja yang dapat mencerahkan kulit. Rupanya, bubuk cangkang sanggup mengangkat sisa kulit mati dan menjaga kesehatan rambut.

Dilansir dari newsncr, cangkang yang sudah dihaluskan dapat dipadukan dengan madu, perasan lemon atau lidah buaya untuk mendapatkan kulit cerah dan alami. Kamu dapat menggunakannya sebagai masker wajah dan diamkan selama 10 menit.

Kemudian dapat menjaga kesehatan rambut dengan mencampurkan bubuk cangkang dan dadih/yogurt. Oleskan pada kulit kepala secara menyeluruh dan diamkan selama 45 menit. Berikutnya, baru dibilas menggunakan air bersih.

5. Digunakan sebagai pembersih abrasif non-toksik

Dilansir dari Reader Digest, Apabila kamu tak menyukai bahan-bahan kimia abrasif berbau menyengat dan bersifat toksik yang marak dijual dipasaran, kamu dapat menggunakan cangkang sebagai pengganti alternatif.

Pertama, kumpulkan selusin sisa-sisa cangkang. Setelah itu, cuci cangkang dan letakkan di atas loyang. Keringkan di bawah sinar matahari atau bisa menggunakan api kecil di dalam tungku selama beberapa menit.

Gunakan lesung dan alu, penggiling kopi atau blender berkecepatan tinggi untuk kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Usai digiling, bubuk cangkang akan terkumpul hingga 1 cangkir. Tambahkan 3 cangkir baking soda ke bubuk cangkang tersebut dan resep cangkang telur pembersih pun siap digunakan.

Kamu dapat menggunakannya untuk membersihkan alat-alat dapur seperti wajan dan panci, serta pintu kamar mandi dan toilet.

6. Menetralkan rasa asam pada kopi

Rasa asam saat mengonsumsi kopi memang hampir tidak disukai oleh semua orang. Kamu bisa menggunakan cangkang telur untuk mengatasinya. Kamu dapat menambahkan bubuk cangkang ke dalam kopi sebelum diseduh air panas.

Kalsium karbonat yang terkandung dalam cangkang dapat membuat lambung terasa lebih enak dan nyaman sekaligus kopi jenis ini dapat mengurangi perut kembung.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here