5 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Kesehatan · 2 Agu 2022 18:49 WIB

Jarang Diketahui Orang, Ini 5 Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh


 Manfaat Jengkol Bagi Tubuh. (grid.id/Bogordaily.net) Perbesar

Manfaat Jengkol Bagi Tubuh. (grid.id/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Jengkol adalah makanan khas Sunda dan tumbuh di negeri kita Indonesia tercinta. Selain rasanya yang unik dan bau, ternyata jengkol memiliki banyak manfaat yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Jengkol merupakan tanaman dari kelas fabaceae atau polong-polongan yang sudah lama ditanam di kebun ataupun pekarangan rumah masyarakat.

Jengkol juga sering dimasak dengan berbagai makanan lainnya dan sangat disukai banyak orang.

Tak heran jengkol menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat meskipun memiliki bau yang kurang sedap terutama ketika Anda sedang buang air kecil. Hal tersebut membuat sebagian orang tidak terlalu suka jenis makanan ini.

Berikut beberapa manfaat dari kandungan jengkol:

1. Mencegah Penyakit Maag

Memiliki kebiasaan menunda makan atau telat makan biasanya akan menyebabkan penyakit maag. Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag, maka hal tersebut akan berdampak pada lambung dan tentu saja akan sangat berbahaya.

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh ternyata dapat mencegah penyakit maag. Untuk itu, konsumsi jengkol dengan takaran secukupnya akan dapat membantu anda untuk meredakan maag.

2. Mencegah Anemia

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Jengkol merupakan bahan makanan yang kaya akan zat besi dimana zat besi dapat berperan penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Ketika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah otomatis akan berkurang. Akibatnya adalah suplai oksigen dan nutrisi akan yang dibutuhkan akan berkurang dan dapat menyebabkan anemia

3. Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Penderita penyakit jantung biasanya akan mengalami penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar.

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh berguna untuk melebarkan dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Agar khasiat jengkol menjadi optimal, sebaiknya jangan memasak jengkol hingga terlalu matang

4. Sumber Protein

Setiap hari, tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup. Biasanya kita dapat memperoleh asupan protein yang berasal dari daging, tahu, tempe, susu , dan makanan yang lainnya.

5. Merampingkan Perut
Kandungan serat yang tinggi dapat menjadi salah satu manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat tersebut dipercaya dapat merampingkan perut yang buncit.

Kandungan serat yang tinggi akan dapat melancarkan BAB dan secara tidak langsung akan membuat perut menjadi lebih ramping.

Artikel ini telah dibaca 6.200 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

WHO Ganti Nama Cacar Monyet, Sebutan Barunya: Clade

15 Agustus 2022 - 14:20 WIB

Bikin Tak Percaya Diri, Ini Cara Mengobati Bercak Putih di Wajah

15 Agustus 2022 - 14:06 WIB

Buah Apel Bisa Jadi Camilan Sehat untuk Kurangi Resiko Kematian

15 Agustus 2022 - 07:26 WIB

buah apel

Konsumsi Ikan Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung

14 Agustus 2022 - 08:33 WIB

Konsumsi Ikan

5 Hal yang Dilakukan Sebelum Tidur demi Kesehatan

13 Agustus 2022 - 18:28 WIB

Dilakukan sebelum tidur

Salah Satunya Mencerahkan Kulit, Ini 5 Manfaat Apel untuk Kesehatan Wajah

13 Agustus 2022 - 16:34 WIB

Trending di Kesehatan