Jaringan 3G Disuntik Mati, 4G Tulang Punggung Konektivitas

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Nasional · 5 Agu 2022 21:23 WIB

Jaringan 3G Akan Disuntik Mati, 4G Jadi Tulang Punggung Konektivitas


 Jaringan 3G Perlahan Aan Dimatikan. (sonora/Bogordaily.net) Perbesar

Jaringan 3G Perlahan Aan Dimatikan. (sonora/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Jaringan 3G perlahan akan mulai disuntik mati hingga akhir 2022 ini. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berambisi agar setiap wilayah desa dan kelurahan di Indonesia tersedia akses internet.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G. Plate.

Johnny Plate menyebut jaringan 4G akan menjadi tulang punggung konektivitas di Indonesia. Dan secara bertahap meminta operator seluler untuk menghapus jaringan 3G.

“Karena sudah dibangun 4G yang lebih cepat dan besar kapasitasnya, maka 3G secara perlahan akan disuntik mati,” katanya kepada wartawan, Jumat, 5 Agustus 2022.

Menteri Johnny menyebut, nantinya 4G akan menjadi tulang punggung jaringan komunikasi Indonesia. Dia berharap migrasi ke 4G akan meminimalisir ketertinggalan dengan negara lain.

Meski demikian, Menteri Johnny memastikan bahwa jaringan 2G akan tetap dipertahankan. Mengingat bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan 2G untuk kebutuhan telepon.

“Perkembangan teknologi sangat cepat, kita tentu tidak mau ketinggalan, termasuk juga dalam mengembangkan 5G. Untuk itu diberikan juga lisensi kepada tiga operator untuk menjalankan itu,” ucapnya.

Untuk diketahui, suntik mati 3G sendiri sudah mulai dilakukan oleh operator XL Axiata. Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata, Marwan O Baasir menyebut ini sudah dilakukan secara bertahap.

Menurutnya, saat ini kebutuhan masyarakat mengakses internet semakin meningkat. Diharapkan dengan penyuntik matian jaringan 3G, frekuensi 3G bisa dialihkan sehingga kapasitas jaringan 4G dapat lebih dimaksimalkan.(*)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Berlaku Hari Ini, PT KAI Keluarkan Syarat Terbaru Bagi Penumpang Kereta Api

15 Agustus 2022 - 14:23 WIB

syarat penupang kereta

Karyawannya Diancam UU ITE, Alfamart Tunjuk Hotman Paris jadi Kuasa Hukum

15 Agustus 2022 - 13:06 WIB

Alfamart Hotman Paris

Tekan Biaya Operasi, Pabrik Semen di Kalsel Beralih ke Listrik PLN

15 Agustus 2022 - 10:43 WIB

pabrik semen

Bergenre Misteri, Ini Sinopsis Drama China “Checkmate”

15 Agustus 2022 - 10:29 WIB

Checkmate

Kenali 4 Dampak Negatif Terlalu Oversharing

15 Agustus 2022 - 10:04 WIB

overhsharing

Kejagung Siapkan 30 Jaksa Untuk Mengawal Kasus Pembunuhan Brigadir J

15 Agustus 2022 - 09:27 WIB

Trending di Nasional