Saturday, 18 May 2024
HomeNasionalJelang HUT RI, Berikut 5 Rekomendasi Film Sejarah Indonesia

Jelang HUT RI, Berikut 5 Rekomendasi Film Sejarah Indonesia

Bogordaily.net – Menonton adalah salah satu kegiatan yang mengasyikan. Selain menghibur, menonton juga dapat memberikan kamu suatu pengetahuan baru. Seperti deretan yang membahas tentang tokoh dan sejarah di Indonesia.

sejarah atau penjajahan Indonesia juga biasanya menyiratkan pesan-pesan inspiratif yang bisa diteladani. Simak tentang Sejarah Indonesia berikut.

- berikut ini sangat identik dengan semangat perjuangan bangsa kita. Tentunya, cocok untuk kamu tonton saat memperingati hari Indonesia pada 17 Agustus.

1. Perburuan

Film tentang sejarah Indonesia pertama yang akan kita bahas berjudul Perburuan. Film ini dirilis tahun 2019 yang diperankan oleh aktor Adipati Dolken. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya penulis terkenal, Pramoedya Ananta Toer ini, megambil latar perjuangan Indonesia di era penjajahan Jepang.

Film Perburuan banyak menceritakan tentang pemberontakan pasukan PETA (Pembela Tanah Air) melawan Jepang. Dikisahkan, enam bulan setelah kegagalan pemberontakan PETA terhadap Jepang, Hardo (Adipati Dolken) kembali ke kampung halamannya di Blora.

2. Kartini

Film perjuangan hasil garapan Hanung Bramantyo selanjutnya berjudul Kartini. Kali ini, film ini mengangkat biografi dari salah satu tokoh pahlawan wanita nasional. Ia adalah Raden (R.A) Kartini.

Jika biasanya film perjuangan identik dengan perlawanan fisik dan diplomasi, maka kartini justru berjuang melalui dunia pendidikan yang kala itu masih sangat terbatas untuk diakses, terutama bagi perempuan.

Film Kartini memiliki alur cerita yang maju-mundur dan mengisahkan tentang sosok Kartini kecil yang sudah dikenal sebagai pemberontak.

Akibat dari sikap kritisnya, R.A Kartini kini sangat dikenang karena menjadi inspirasi dalam dunia pendidikan dan tak henti berjuang atas hak-haknya

3. Soekarno: Indonesia merdeka

Film Soekarno: Indonesia Merdeka merupakan film biografi Presiden pertama Indonesia. Film biografi yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini termasuk salah satu film tokoh perjuangan Indonesia terbaik.

Film ini mengisahkan tentnag perjuangan seorang pira yang bernama Kusno. Kala itu, ia selalu mengalami ‘sakit-sakitan' hingga akhirnya orang tuanya menamakan “Soekarno”.

Tak hanya tokoh Soekarno, beberapa tokoh nasional lain juga ikut menjadi saksi perjuangan proklamasi seperti terdapat tokoh Hatta dan Sjahrir.

Selain itu, pidato-pidato Soekarno yang penuh semangat pun juga turut dibacakan, yaitu salah satunya berjudul “Indonesia Menggugat”.

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

H.O.S. Tjokroaminoto merupakan salah sau tokoh yang sangat berjasa bagi bangsa Indonesia terutama di bidang pendidikan. Ia bahkan sering disebut sebagai guru bangsa.

Film biografi tokoh Indonesia yang satu ini menceritakan kisah hidup H.O.S. Tjokroaminoto sebagai pemimpin Sarekat Islam dan menjadi guru bagi para pemimpin Indonesia.

Film ini melibatkan beberapa aktor terbaik tanah air, seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, hingga Sujiwo Tejo. Pada Festival Film Indonesia 2015, film ini bahkan berhasil membawa pulang 3 piala penghargaan.

5. Gie

Kamu mungkin pernah mendengar nama Soe Hok Gie sebelumnya, tapi belum terlalu mengetahui bagaimana kisah hidup dan jasanya kepada rakyat Indonesia.

Nah, film ini bisa memberi gambarannya untukmu.

Film Gie (2005) menceritakan tentang kisah inspiratif Soe Hok Gie dalam menjalani perannya sebagai aktivis.

Diperankan oleh Nicholas Saputra, film Soe Hok Gie menggambarkan kegigihan dan semangat perjuangannya dalam melawan ketidakadilan di masyarakat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here