Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaJenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Ambeien

Jenis Olahraga yang Cocok untuk Penderita Ambeien

Bogordaily.net–  Wasir atau biasa juga disebut dengan merupakan kondisi pembengkakan akibat terlalu banyak tekanan pada pembuluh darah vena di dinding rektum menuju anus. Kondisi ini juga bisa nyeri ringan hingga berat, pendarahan, bahkan bisa mengganggu aktivitas. Penderita bisa melakukan yang juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, memperkuat otot, dan merangsang BAB, sehingga tekanan yang bisa memperburuk kondisi dapat berkurang. Berikut ini adalah sejumlah untuk penderita , yang dirangkum Your Say Suara.com dari laman sehatq.com.

Yoga

Yoga  baik untuk meningkatkan peregangan pada otot perut, paha, dan area anus. Oleh karena itu, yoga sangat baik untuk mencegah sekaligus mengatasi wasir. Gerakan yoga seperti balasana, viparita karani, pawanmuktasana, dan baddha konasana, dapat menjadi gerakan yoga untuk mengatasi wasir atau .

Latihan kardio

Ada banyak jenis latihan kardiovaskular yang bisa dilakukan, seperti berenang, berjalan, berlari, atau juga treadmill. Dengan melakukan latihan kardio intensitas ringan, ini dapat membantu penderita agar tetap aktif tanpa memperburuk kondisi wasir.

Pelvic floor contraction

ini juga bisa disebut kegel, yang dapat membantu memperkuat otot-otot dasar panggul. Sehingga, dapat mempermudah BAB, mengendurkan sfingter anus, dan mencegah mengejan. Selain itu, penelitian dalam Word Journal of Gastroenterology juga menyatakan bahwa, kegel dapat menjadi salah satu latihan yang membantu mengurangi episode dan keparahan hemoroid, serta mencegah pendarahan dan prolapse.

Deep breathing

Biasa juga disebut pernapasan dalam, latihan ini dapat membantu meringankan ketegangan otot dasar panggul dan meningkatkan relaksasi. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu duduk tegak dan bersila dengan posisi senyaman mungkin, sambil meletakkan tangan di atas pinggang. Lalu, tarik napas dalam hingga dada kamu mengembang, lalu hembuskan. Bisa dilakukan latihan sampai 5 menit.***

 

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here