Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorKampung Iklim di Cibinong Bogor, Seperti Apa?

Kampung Iklim di Cibinong Bogor, Seperti Apa?

Bogordaily.net – Empat lokasi Rukun Warga (RW) di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, menjadi tempat penilaian Program (Proklim) tingkat nasional 2022.

Sub Koordinator Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, M. Haris menjelaskan bahwa, verifikasi sedang berlangsung sejak 1 sampai 4 Agustus 2022.

“Empat RW yang menjadi penilaian Proklim yakni RW 08 Pabuaran Mekar, RW 05 Pabuaran Mekar, RW 09 Naggewer Mekar, dan RW 11 Pondok Rajeg,” kata M. Haris, Kamis 4 Agustus 2022.

Pemerintah Kabupaten Bogor, kata M. Haris, terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu perubahan iklim, dan terbukti jumlah di Bumi Tegar Beriman terus bertambah. Sehingga upaya pengendalian perubahan iklim semakin cepat terwujud.

“Proklim merupakan bagian dari upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, untuk membentuk masyarakat yang berketahanan iklim. Swasembada pangan memastikan ketersediaan air dan juga membentuk jejaring,” jelasnya.

Haris menambahkan, suatu pemukiman dinyatakan sebagai apabila warganya telah memiliki rasa kepedulian yang besar terhadap pengelolaan lingkungan.

Dan juga atas dasar tersebut nantinya masyarakat bisa mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman dan indah, serta bisa terus menumbuhkan rasa bergotong royong yang mana merupakan budaya masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor.

“Kami berharap ada kerja sama dan dukungan dari semua pihak agar kita bisa kembali mengharumkan nama Kabupaten Bogor di tingkat nasional. Khususnya melalui lomba Proklim ini, apalagi tahun lalu kita berhasil memborong 3 penghargaan sekaligus Proklim 2021,” tutup M. Haris.***

(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here