Kampung Iklim di Cibinong Bogor, Seperti Apa?

Menu

Mode Gelap
Pakai Mobil Mercy, Perempuan Ini Maling Cokelat di Minimarket Gereja di Mesir Kebakaran, 41 Tewas Termasuk 18 Anak-anak Jadwal dan Lokasi Sim Keliling Kota Bogor, Senin 15 Agustus 2022 Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol Bharada E Dipastikan Aman di Rutan Bareskrim Polri

Kabupaten Bogor · 4 Agu 2022 14:37 WIB

Kampung Iklim di Cibinong Bogor, Seperti Apa?


 Warga di 4 RW Kecamatan Cibinong Usai Melakukan Kegiatan Proklim. Foto istimewa Perbesar

Warga di 4 RW Kecamatan Cibinong Usai Melakukan Kegiatan Proklim. Foto istimewa

Bogordaily.net – Empat lokasi Rukun Warga (RW) di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, menjadi tempat penilaian Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat nasional 2022.

Sub Koordinator Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, M. Haris menjelaskan bahwa, verifikasi sedang berlangsung sejak 1 sampai 4 Agustus 2022.

“Empat RW yang menjadi penilaian Proklim yakni RW 08 Pabuaran Mekar, RW 05 Pabuaran Mekar, RW 09 Naggewer Mekar, dan RW 11 Pondok Rajeg,” kata M. Haris, Kamis 4 Agustus 2022.

Pemerintah Kabupaten Bogor, kata M. Haris, terus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu perubahan iklim, dan terbukti jumlah kampung iklim di Bumi Tegar Beriman terus bertambah. Sehingga upaya pengendalian perubahan iklim semakin cepat terwujud.

“Proklim merupakan bagian dari upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, untuk membentuk masyarakat yang berketahanan iklim. Swasembada pangan memastikan ketersediaan air dan juga membentuk jejaring,” jelasnya.

Haris menambahkan, suatu pemukiman dinyatakan sebagai kampung iklim apabila warganya telah memiliki rasa kepedulian yang besar terhadap pengelolaan lingkungan.

Dan juga atas dasar tersebut nantinya masyarakat bisa mewujudkan lingkungan yang aman, nyaman dan indah, serta bisa terus menumbuhkan rasa bergotong royong yang mana merupakan budaya masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor.

“Kami berharap ada kerja sama dan dukungan dari semua pihak agar kita bisa kembali mengharumkan nama Kabupaten Bogor di tingkat nasional. Khususnya melalui lomba Proklim ini, apalagi tahun lalu kita berhasil memborong 3 penghargaan sekaligus Proklim 2021,” tutup M. Haris.***

(Muhammad Irfan Ramadan)

Artikel ini telah dibaca 200 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Etos ID Helat Indonesian Youth Creaction x Cultural Conference (IYCC)

15 Agustus 2022 - 10:16 WIB

IYCC

Yuk, Cek Jadwal dan Lokasi Simling di Kabupaten Bogor, Senin 15 Agustus 2022

15 Agustus 2022 - 08:49 WIB

lokasi simling

Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga, Sempat Todong Pistol

15 Agustus 2022 - 07:02 WIB

Pencuri Jadi Bulan-bulanan Warga

Gebyar Muharram, Yayasan Al Farisi Indonesia Berikan Santunan Yatim Piatu

14 Agustus 2022 - 20:32 WIB

Yayasan Al Farisi Indonesia

Halimatusadiyah Himbau TP-PKK Kecamatan Lebih Aktif Bina PKK Desa

14 Agustus 2022 - 12:30 WIB

TP-PKK Kecamatan

Pertama Kali Digelar, IPB RUN 10K 2022 Dukung Kepedulian Lingkungan dan Pendidikan

14 Agustus 2022 - 08:39 WIB

IPB RUN
Trending di Kabupaten Bogor