Kampung Perca Suguhkan Prodak Lokal Bernilai Tinggi

Menu

Mode Gelap
Info Terkini Gempa Menurut BMKG, Sabtu 28  Januari 2023 Link Streaming Man City vs Arsenal, Aman dan Legal Catat, Ini Nomor Hotline Pengaduan Penculikan Anak di Kota Bogor Doa Buka Puasa Rajab 2023 dan Qadha Ramadhan Lengkap Pasar Kaget di Taman Heulang Dikeluhkan Warga, Sahib Khan Usulkan Relokasi

Ekonomi · 1 Aug 2022 18:35 WIB

Kampung Perca Suguhkan Prodak Lokal Bernilai Tinggi


 Kampung Perca yang berlokasi di Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. (Ibnu/Bogordaily.net) Perbesar

Kampung Perca yang berlokasi di Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. (Ibnu/Bogordaily.net)

IIMS

Bogordaily.net – Kota Bogor selain terkenal akan banyak tempat wisata dan kuliner, ternyata juga terdapat kerajinan lokal yang diproduksi oleh warga sekitar. Salah satunya yani Kampung Perca yang menjual aneka prodak lokal.

Dimana Kampung Perca yang berlokasi di Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor menyuguhkan beberapa produk unggulan, seperti cempal berbentuk ayam, apron (celemek), baju dan lain lain.

Sekertaris Kampung Perca Kartika Dwi Amalia menceritakan, adanya Kampung Perca bisa membantu ekonomi warga sekitar di karenakan covid-19.

“Jadi selama pandemi warga berkeluh kesah dikarenakan pandemi yang menyerang selama 2 tahun. Kita coba koordinasi kepada RW disini dan kebetulan ibu RW juga dekat dengan lurah Sindang Sari, dan beliau mengusulkan sesuatu, dan pada akhirnya terbentuklah Kampung Perca,” ungkap Kartika Dwi Amalia, Senin 1 Agustus 2022.

Lebih lanjut, Kartika Dwi menyampaikan, berawal adanya Kampung Perca berproduksi hanya masker berbalut kain perca.

“Kita awal bergerak itu produksi masker alhamdulilah pesanan masker itu dari 500 sampai 1.000. Disitu kita mulai kreatif, membuat cempal ayam, bikin lap tangan dan semua produk sampai ada 35 item sekarang. Salah satunya, Baju Pangsi, Outer, Sapu tebal dan lain lain,” katanya.

Ia juga menambahkan, karyawan yang bekerja di Kampung Perca untuk mengerjakan prodak lokal ini sebanyak 17 karyawan dan itu di isi oleh ibu ibu rumah tangga.

“Alhamdulillah saat ini sudah mulai berkembang, jadi yang lain melihat kita makin maju, ya merekapun termotivasi ingin maju juga,” tuturnya.

“Jadi untuk penjualannya sendiri kita sudah keluar kota, terakhir ada kemaren kita menjual ke Batam, Bandung, Jakarta,” tambahnya.

Namun, kata Kartika, langkanya kain perca menjadi sebuah hambatan untuk berproduksi dikarenakan lain perca tersebut harus di cocokan dengan warna yang lain. Pasalnya kain perca itu sisa bahan dari konfeksi PT. Poli

“Ini sisa bahan dari konfeksi, di bawah ada konfeksi yang dinamakan PT. Poli, jadi sisa potongan nya itu di berikan ke kita, kalo bahan kain perca tidak ada ya kita beli di toko lain,” ucapnya.

Kartika berharap dengan adanya Kampung Perca bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Harapan kedepannya makin maju produk nya juga makin terkenal kemana mana, jadi penjual kita dan omset nya juga makin besar,” tutupnya.

(Ibnu Galansa Montazery)

Artikel ini telah dibaca 100 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

KUR BRI 2023 Kapan Dibuka Lagi? Berikut Jadwal Serta Syarat Lengkap Pinjaman

29 January 2023 - 15:25 WIB

KUR BRI 2023 kapan dibuka

Dirut BRI Beberkan 6 Faktor Penentu Keberlanjutan Industri Perbankan Indonesia

29 January 2023 - 11:02 WIB

Dirut BRI Sunarso

Segini Harga Pasang CCTV di Aneka Komputer Bogor

28 January 2023 - 20:19 WIB

Harga CCTV Bogor

Holland Bakery Diskon Hingga 45%: Syarat dan Daftar Harga

28 January 2023 - 14:47 WIB

Holland Bakery Diskon Hingga 45%.

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

28 January 2023 - 14:25 WIB

Beri Pengalaman di Dunia Kerja, BRI Buka Program Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA)

MenKopUKM Dorong Asmindo Manfaatkan Fasilitas Bebas Bea Masuk Pasar Swiss hingga Seluruh Eropa

28 January 2023 - 09:41 WIB

MenKopUKM Dorong Asmindo Manfaatkan Fasilitas Bebas Bea Masuk Pasar Swiss hingga Seluruh Eropa
Trending di Ekonomi