Thursday, 25 April 2024
HomeEkonomiKapan Harga BBM Naik? Menteri ESDM Bilang Tunggu Aja Besok

Kapan Harga BBM Naik? Menteri ESDM Bilang Tunggu Aja Besok

Bogordaily.net–  Isu rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) terus bergulir. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pun menjawab isu soal bakal naik besok, Rabu 31 Agustus.

“Ya tunggu aja besok,” ujar Arifin Tasrif dilansir Detik.com dari Antara, Selasa, 30 Agustus 2022.

menyebutkan sejauh ini rencana kenaikan tersebut masih dimatangkan.

Terpisah, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, subsidi dan kompensasi Bahan Bakar Minyak (BBM) bisa mencapai lebih dari Rp698 triliun sampai akhir 2022.

Jumlah itu melebihi kuota yang ditetapkan APBN 2022 senilai Rp502,4 triliun yang disebabkan oleh tren kenaikan harga minyak dunia, pelemahan kurs rupiah, dan konsumsi dan Solar yang besar.

“Jumlah subsidi dan kompensasi ini diperkirakan akan habis dan bahkan terlampaui mencapai di atas Rp698 triliun hingga akhir tahun. Ini akan menjadi tambahan belanja RAPBN 2023,” kata Sri Mulyani dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta dilansir Suara.com, Selasa, 30 Agustus 2022.

Kuota subsidi dan kompensasi BBM senilai Rp502,4 triliun telah meningkat tiga kali lipat dari kuota awal 2022 karena harga keekonomian BBM dengan harga yang ditetapkan oleh pemerintah semakin besar.

Saat ini pemerintah mengupayakan agar subsidi tepat sasaran sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat miskin dan rentan yang memang membutuhkan bantuan.

Terlebih, kini rumah tangga miskin dan tidak mampu hanya menikmati 5 persen dari subsidi Solar dan 20 persen subsidi yang akan meningkatkan kesenjangan makin tinggi antar masyarakat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here