Tuesday, 21 May 2024
HomeNasionalKapan NIK Jadi NPWP Resmi Berlaku?

Kapan NIK Jadi NPWP Resmi Berlaku?

Bogordaily.net – Kapan NIK jadi resmi diberlakukan pemerintah? Jika tidak ada aral melintang kebijakan itu akan diberlakukan tahun depan.

Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo mengatakan, pihaknya akan melakukan pencocokan data dengan Disdukcapil terlebih dahulu.

“Kami lakukan sampai implementasi core tax yang Insha Allah dilaksanakan Januari 2024. Dan betul-betul kami gunakan core system kami pada 2024,” ujarnya dalam media briefing DJP, Selasa 2 Agustus 2022.

Suryo menegaskan, penggunaan NIK sebagai bukan berarti mewajibkan masyarakat membayar pajak. Dia menjelaskan, NIK sebagai wadah administrasi perpajakan.

“Jadi, bukan berarti menggunakan NIK jadi membuat orang yang diluar PTKP harus bayar pajak,” ucap dia.

Ia juga meminta masyarakat melakukan pembaharuan data mulai dari profil, alamat, hingga kegiatan usaha yang dijalankan, sebelum penggunaan NIK sebagai .

“Jadi, ini yang kita coba harapkan dengan peluncuran kemarin, satu sisi kita gunakan akses ke sistem informasi DJO, tapi sisi lain, ini pembaharuan pemutakhiran data yang ada, khususnya email, alamat email, dan nomor telepon,” jelas dia.

Suryo mengungkapkan, tercatat ada 19 juta wajib pajak yang sudah bisa menggunakan NIK sebagai untuk masuk ke sistem perpajakan Direktorat Jenderal Pajak.

“Kepada masyarakat yang belum valid ini kita berikan waktu buat klarifikasi, jadi disamping wajib pajak melakukan pemutakhiran mandiri kami lakukan reaching out untuk melakukan klarifikasi ke beberapa informasi,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here