Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalKemenkominfo Lakukan Normalisasi PSE Kepada Paypal Hingga Steam

Kemenkominfo Lakukan Normalisasi PSE Kepada Paypal Hingga Steam

Bogordaily.net – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan normalisasi terhadap dua Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) kepada hingga yang sebelumnya sempat diblokir.

Akses ke layanan tersebut telah normal mulai pukul 08.30 WIB, Selasa, 2 Agustus 2022, pagi tadi, Selasa, 2 Agustus 2022.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi dalam siaran persnya menyebut, para pemilik layanan tersebut dilaporkan telah mendaftar PSE ke sistem yang dibuat pemerintah.

“Kementerian Kominfo telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (, CS GO, dan DOTA). Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini,” ujar Dedy.

Sementara itu untuk layanan keuangan yang sempat menuai kontra dari masyarakat terutama di kalangan warganet.

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah berkomunikasi dan memastikan layanan akan mendaftarkan PSE-nya dan memenuhi syarat pendaftaran dengan tepat.

Sebelumnya masuk ke dalam layanan PSE asing dalam lingkup privat yang tidak terdaftar dan belum memenuhi persyaratan seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 5 tahun 2020 terkait PSE Lingkup Privat.

Layanan pun sempat diblokir dan dibuka aksesnya sementara oleh Kementerian Kominfo hingga 5 Agustus mendatang.

Namun saat ini dipastikan akan mendaftar sehingga dalam waktu dekat layanannya akan dinormalisasi.

“Pihak telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat,” kata Dedy.

Sebelumnya padahal sempat diberitakan, Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, PSE seperti PayPal, Yahoo, Origin.com dan Epicgames, sama sekali belum memberikan respon atas komunikasi yang telah mereka lakukan selama ini.

“Kementerian Kominfo juga telah melakukan berbagai macam upaya untuk menjangkau ketiga tersebut. Namun, sampai saat ini mereka tidak memberikan respon atas komunikasi yang telah kami lakukan,” kata Semuel, Senin, 1 Agustus 2022.

Merasa tidak mendapatkan respon, Semuel mengungkapkan bahwa pihanya telah menghubungi kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk membantu komunikasi dengan sejumlah PSE tersebut agar dapat merespon pesan dari Kominfo.

“Dalam hal ini, Kementerian Kominfo juga meminta bantuan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk memfasilitasi komunikasi dengan Yahoo yang bermarkas di Sunnyvale, Epicgame di North Carolina, dan Origins di Redwood City,” terangnya.

“Kami juga memohon bantuan kedutaan besar Amerika Serikat untuk berkomunikasi dengan PSE tersebut mengingat upaya komunikasi yang dilakukan oleh Kominfo selama ini dengan berbagai macam cara tidak mendapatkan tanggapan sama sekali,” sambungnya.

Semuel menjelaskan, untuk PSE seperti , Dota dan CS Go sampai hari ini juga terus dilakukan. Para PSE tersebut telah merespon email dari Kementerian Kominfo meskipun belum mengisi formulir pendaftaran seperti yang diminta sebagai prasyarat normalisasi.

“Untuk ketiga game ini, kami juga meminta bantuan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk mendorong supaya mereka segera merespon permintaan dari Kominfo. Pihak Kedutaan sedang membantu untuk melakukan komunikasi tersebut,” paparnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here