Friday, 29 March 2024
HomeBeritaKenali 5 Sinyal Tubuh Alami Dehidrasi, Jangan Diabaikan!

Kenali 5 Sinyal Tubuh Alami Dehidrasi, Jangan Diabaikan!

Bogordaily.net – Di tengah paparan cuaca terik matahari yang terjadi belakangan ini terjadi, tidak sedikit orang mengalami dehidrasi. Kondisi ini terjadi terjadi ketika tubuh tak memiliki cukup banyak cairan seperti yang dibutuhkan.

Biasanya tanpa cairan yang cukup, tubuh tidak bisa berfungsi dengan semestinya. Namum, apabila kekurangan tubuh kerap memberikan “sinyal-sinyal” peringatan yang kadang terabaikan.

Seperti dilansir dari laman Mirror, berikut ini adalah delapan gejala dehidrasi lain yang tak boleh diabaikan :

1. Lelah

Salah satu tanda dehidrasi yang cukup umum adalah lelah. Ketika kekurangan cairan, tekanan darah juga akan ikut menurun. Aliran darah yang ke otak akan melambat dan detak jantung akan meningkat. Kombinasi ini dapat memicu timbulnya perasaan lelah.

2. Tekanan Darah Rendah

Lebih dari setengah darah di dalam tubuh terdiri dari plasma, di mana plasma terbuat dari , protein, dan garam. Ketika seseorang kurang , darah akan menjadi sangat terkonsentrasi, sehingga aliran darah ke berbagai organ vital akan menurun.

3. Sakit Kepala

Dehidrasi bisa memicu terjadinya sakit kepala karena otak tidak mendapatkan cairan yang cukup untuk berfungsi secara baik. Selain sakit kepala, keluhan seperti migrain, kesadaran yang hilang-timbul, dan perasaan seperti akan pingsan bisa ikut muncul.

4. Sembelit

Sistem pencernaan membutuhkan cukup banyak untuk bisa bekerja dengan lancar. Kurang bisa turut berdampak pada usus, di mana kotoran tak dapat bergerak dengan lancar.

5. Bau Mulut

Kekurangan cairan dapat membuat mulut berbau tidak sedap. Bau mulut ini muncul karena tubuh tidak bisa memproduksi cukup liur akibat kekurangan cairan.***

 

(Riyaldi Suhud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here