Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKenali, Ini 7 Gejala Tanda Kanker Prostat

Kenali, Ini 7 Gejala Tanda Kanker Prostat

Bogordaily.net prostat merupakan satu jenis penyakit yang sering terjadi pada pria dengan angka kematian yang tinggi.

Menurut base dari GLOBOCAN, memperkirakan ada 1.276.10 kasus prostat baru pada 2018, dengan sekitar 358.989 meninggal.

Meski begitu, ini masih mungkin disembuhkan bila terdeteksi lebih dini. Ironisnya, penyakit ini sering terlambat terdiagnosis dan diobati.

Bila mengacu pada American Cancer Society, prostat cenderung lebih sering ditemukan pada pria lansia dan pria berkulit hitam non Hispanik. Sekitar satu dari delapan pria juga akan terdiagnosis dengan ini semasa hidup mereka.

“Sekitar enam dari 10 kasus didiagnosis pada pria berusia 65 tahun atau lebih, dan sangat langka pada pria berusia di bawah 40 tahun. Rerata usia pria terdiagnosis prostat adalah 66 tahun,” kata American Cancer Society seperti dilansir EatThis, Selasa 30 Agustus 2022.

prostat biasanya tak menunjukkan tanda dan gejala pada stadium awal. Seiring berjalannya waktu, berikut adalah tanda dan gejala prostat menurut Mayo Clinic:

1. Sulit berkemih
2. Aliran urin melemah
3. Ada darah pada urin
4. Ada darah pada air mani
5. Nyeri tulang
6. Berat badan menurun tanpa sebab
7. Disfungsi ereksi

Mengingat ini bisa tak bergejala di awal stadium, ahli onkologi integratif Dr Jonathan Stegall MD menganjurkan pria untuk melakukan skrining secara rutin.

Skrining dapat membantu pria menemukan kanker ini lebih dini, sehingga mereka bisa memiliki harapan hidup dan keberhasilan pengobatan yang lebih baik.

“Pria sebaiknya mulai melakukan pemeriksaan kadar prostate-specific antigen atau PSA setiap tahun mulai dari usia 40 tahun,” pungkas Dr Stegall.

Dr Stegall menyatakan, kadar PSA bisa meningkat akibat beberapa alasan non kanker. Akan tetapi, nilai PSA bisa menjadi titik awal untuk menentukan pemeriksaan lanjutan bila ada petunjuk yang mengarah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here