Saturday, 20 April 2024
HomePolitikKPU Ungkap Anggaran Pemilu Tahun Ini Tak Sesuai Harapan

KPU Ungkap Anggaran Pemilu Tahun Ini Tak Sesuai Harapan

Bogordaily.net – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengungkapkan bahwa, anggaran pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 tak sesuai harapan.

Diketahui anggaran tahun ini hanya dicairkan Rp 3,6 triliun dari total yang diusulkan Rp 8,06 triliun.

Anggota KPU RI Yulianto Sudrajat mengatakan, pihaknya memahami alasan pemerintah yang tidak memenuhi usulan yang diajukan KPU RI, meski jika dilihat masih ada kekurangan Rp 5,6 triliun.

“KPU memahami kondisi keuangan negara yang sedang membutuhkan proyek strategis nasional lainnya,” ujar Yulianto dalam jumpa pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, dikutip dari RMOL, Selasa 9 Agustus 2022.

Hingga kini, dijelaskan mantan Ketua KPU Jawa Tengah ini, anggaran yang sudah masuk daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) sebesar Rp 2,4 triliun.

Sementara, anggaran Rp 1,2 triliun merupakan anggaran belanja tambahan (ABT) tahun 2022 yang belum dicairkan, karena masih dalam proses pembahasan bersama Kementerian PPN/Bappenas.

“Sehingga KPU akan mengoptimalkan anggaran pada tahun 2022 yang telah dialokasikan walau belum maksimal sesuai usulan kebutuhan KPU,” imbuhnya menegaskan.

Lantaran besaran anggaran yang diterima KPU RI hanya Rp 3,6 triliun, maka DIPA yang sudah ada harus direvisi. Sehingga Yulianto berharap ada proses yang cepat untuk pencairan.

“KPU berharap Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan dan Bappenas dapat segera memproses usulan revisi DIPA KPU Tahun 2022 sesuai dengan prioritas kegiatan KPU dalam pelaksanaan tahapan di tahun 2022,” demikian Yulianto.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here