Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorKultaf di STAI Al Hidayah Bogor, Ini Arti dan Manfaatnya

Kultaf di STAI Al Hidayah Bogor, Ini Arti dan Manfaatnya

Bogordaily.net–  Taaruf atau Kuliah Ta'aruf (Kultaf) merupakan kegiatan orientasi calon mahasiswa baru STAI Al-Hidayah Bogor tahun 2022/2023.

Sebagai peserta didik yang baru beralih dari siswa menjadi mahasiswa, dari sekolahan menjadi kuliahan, tentu memerlukan sarana pengenalan. Nah, lewat kegiatan kultaf inilah, mahasiswa baru akan diperkenalkan tentang banyak hal Terkait studi  .

Kalau dilihat berdasarkan namanya, kegiatan ini memiliki tujuan yaitu menjadi sarana adaptasi untuk memperkenalkan kehidupan kepada para mahasiswa baru.

Mulai dari kegiatan perkuliahan, sistem akademik, sistem administrasi, organisasi, kebiasaan dan keseharian mahasiswa, hingga lingkungan .

Menurut ketua pelaksana kegiatan Kuliah Taaruf (Kultaf) 2022 Bogor, Hasby Alifians, waktu dimulainya kegiatan Kultaf ini telah di tetapkan oleh panitia BEM .

“Waktu dimulainya kegiatan kultaf ini telah ditetapkan oleh panitia dari Badan Eksekutif Mahasiswa STAI Al-Hidayah yaitu dilaksanakan secara offline pada tanggal 27-28 Agustus 2022 dengan tema ‘Menanamkan nilai ukhuwah dalam mewujudkan mahasiswa yang berakhlaq mulia di Bersyariah,” jelasnya.

Apa saja manfaat mengikuti Kultaf?

Mengikuti kultat memiliki banyak manfaat, terutama bagi mahasiswa baru yang pertama kali memasuki dunia perkuliahan. Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari mengikuti kultaf, yaitu:

Memiliki teman baru

Kegiatan kultaf akan menuntunmu untuk selalu berkomunikasi dengan orang lain dan dari berbagai latar belakang. Dan akan membuatmu memiliki relasi dalam dunia perkuliahan, baik di tingkat prodi maupun . Mereka bisa membantu untuk mendapatkan informasi terkait perkuliahan, organisasi, hingga beasiswa.

Memahami sistem perkuliahan

Sistem perkuliahan berbeda dengan sistem pendidikan di SD, SMP, SMA. Maka dari itu adanya kegiatan kultaf ini, mahasiswa baru akan diberi arahan dan pemahaman dalam hal sistem akademik dan administrasi dalam perkuliahan.

Melatih kerja sama dan komunikasi

Kegiatan kultaf ini pasti banyak tugas yang telah di tetapkan oleh panitia, baik secara individu maupun kelompok. Tugas kelompok dikerjakan secara berkelompok. Dari penugasan itulah, kerja sama dan komunikasi antar mahasiswa dilatih.

Melatih kedisiplinan

Kedisiplinan mahasiswa baru akan dilatih melalui penerapan jadwal dimulainya kegiatan, pengumpulan tugas, dan  aturan lainnya yang tlah ditetapkan oleh panitia selama kultaf berlangsung.

Menambah pengalaman bagi mahasiswa

Ada banyak pengalaman atau hal-hal baru yang mengesankan dan dapat kamu peroleh dari kegiatan kultaf tersebut.(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here