Langgar SOP, 7 Supir Biskita Transpakuan Kota Bogor Dipecat

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Kota Bogor ยท 10 Agu 2022 15:03 WIB

Langgar SOP, 7 Supir Biskita Transpakuan Kota Bogor Dipecat


 Manager BisKota Transpakuan Gery Widiana. (Ibnu/Bogordaily.net) Perbesar

Manager BisKota Transpakuan Gery Widiana. (Ibnu/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Sebanyak tujuh supir Biskita Transpakuan Kota Bogor kedapatan melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP) sehingga diberikan sanksi tegas berupa pemecatan. Hal itu diungkapkan Manager Biskita Transpakuan, Gery Widiana Lutpi di Terminal Bubulak, Rabu 10 Agustus 2022.

Menurutnya, pemecatan terhadap supir atau pramudi Biskita Transpakuan lantaran pramudi tidak menjalankan SOP yang sesuai ketentuan bahkan sampai terjadi pelanggaran lalu lintas atau kecelakaan.

“Untuk saat ini pengemudi yang sudah melalui proses pemecatan ada sekitar 7 orang dari per tanggal 24 Januari 2022, pelanggarannya kebanyakan kecelakaan. Nah kita tidak bisa mentolerir hal seperti itu karena Biskita di Kota Bogor tujuanya untuk memberikan pelayanan, jadi tidak bisa juga pengemudi ini mengendarai kendaraan sampai merugikan pihak lain,” ucap Gery kepada Bogordaily.net.

Pemecatan pramudi Biskita Transpakuan tidak sertamerta langsung diberikan sanksi tersebut. Melainkan, kata Gery, sebelumnya sang pramudi berikan terlebih dahulu surat teguran atau SP 1 sampai 3 dari manajemen.

“Kalau masih melanggar juga, baru kita tindak tegas berupa pemecatan. Setiap unit Biskita kan ada CCTVnya jadi dari situ kita bisa liat kronologi kejadiannya dan bisa ambil analisa secara objektif dengan pengemudi. Kalau memang terbukti membuat pelanggan baik itu pelanggan kecil atau besar tetap ada sanksinya,” ungkapnya.

Disinggung soal SOP pramudi jika terjadi kecelakaan saat mengendarai unit Biskita Transpkauan, Gery mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim khusus (timsus) untuk menangani permasalahan-permasalahan kecelakaan yang dialami pramudi Biskita Transpakuan.

Apalagi, persoalan kecelakaan menjadi salah satu konsen utama dari pihak manajemen Biskita Transpakuan. Sebab, menyangkut sisi kemanusiaan dan sebagainya.

“Ketika terjadi satu kesalahan baik itu ringan maupun berat, pengemudi itu harus berhenti dulu sambil melapor situasinya. Kemudian nanti timsus laka dari Biskita akan langsung meluncur ke TKP untuk mengurus kejadianya dan segala macam kebutuhannya, dengan tujuan agar sisi kemanusiaannya teratasi dengan cepat, terus yang kedua penumpang yang ada di dalam bus bisa tetap melanjutkan perjalanan,” tegasnya.

Selain itu, Gery menambahkan, setiap bulan pihaknya selalu melakukan pembinaan kepada seluruh pramudi Biskita Transpakuan supaya mereka bisa tetap melakukan pelayanan sesuai SOP yang sudah ditetapkan.

“Termasuk pengawasan, kami dilakuakan setiap hari melalui CCTV dan kalau ada pramudi yang mengantuk, kita juga langsung melakukan peneguran. Jadi real time gitu,” ujarnya.

Gery menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kota Bogor untuk tidak khawatir dan berprasangka lain kepada pramudi-pramudi Biskita Transpakuan.

Terlebih, pramudi Biskita ini sudah memiliki sertifikasi yang jelas dan menjalan SOP dengan sebaik-baiknya.

“Misal jika terjadi kecelakaan, masyarakat tidak perlu khawatir seperti pengemudi akan kabur atau tidak bertanggung jawab. Itu tidak dibenarkan karena kami sudah menyiapkan SOPnya dan membentuk timsus untuk menangani persoalan kecelakaan sampai kompensasi terhadap korban,” katanya.(*)

(Ibnu Galansa Montazery)

Artikel ini telah dibaca 1,500 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Satgas PKL Dibentuk, Agus Ingatkan Soal Peraturan di Lapangan

6 Oktober 2022 - 19:14 WIB

satgas PKL

Duh! 80% Truk Sampah Sudah Usang, DLH Diminta Lakukan Peremajaan

6 Oktober 2022 - 19:09 WIB

Truk Sampah DLH

Awal Bulan, Yuk Treatment di Latika Beauty Care! Dapatkan Harga Promonya

6 Oktober 2022 - 13:54 WIB

Tirta Pakuan Kenalkan Pengolahan Air Baku Jadi Air Bersih Kepada Mahasiswa IPB

6 Oktober 2022 - 11:22 WIB

XTC Kota Bogor Berikan Harga Subsidi Ayam Potong Khusus YPD

6 Oktober 2022 - 11:13 WIB

Kasus Tanah di Bogor, Kuasa Hukum: Polda Jabar Sudah Tetapkan Tiga Tersangka

6 Oktober 2022 - 11:00 WIB

Trending di Kota Bogor